ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
06 Agustus 2012, 14:08

Pakar Transportasi ITS: Raya Trosobo Layak Disediakan Frontage Road

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Lalu lintas di jalur Raya Trosobo cukup tinggi, harusnya kendaraan lokal misalnya sepeda motor dengan kendaraan lalu lintas menerus seperti kendaraan pribadi, truk dan bus dibedakan jalurnya," kata Pengamat Transportasi ITS Ir Hera Widyastuti MT PhD saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (7/8/2012).

Seperti jalur frontage road Jalan A Yani bagian utara (mulai RSAL menuju Jalan Margorejo, red), lanjut dia, itu untuk membedakan para pengendara lokal dengan pengendara lalu lintas menerus. Meski susah pengaturannya, sepeda motor harus memiliki jalur sendiri.

"Pengendara lokal, kebiasaannya kan beda dengan kendaraan lalu lintas menerus yang seringkali memasang kecepatan tinggi dengan tingkat konsentrasi yang tinggi pula. Pengendara sepeda motor (lokal) biasanya masih suka melamun, nyetir sambil ngobrol dan tolah-toleh (celingukan)," terang dia.

Dia menjelaskan, idealnya jalur kendaraan lokal dengan jalur kendaraan lalu lintas menerus memang harus dipisah. Sebab, kendaraan lokal seringkali tak stabil dalam berlalu lintas.

Di samping itu semua, para pengendara lalu lintas terutama yang melintasi jalur protokol propinsi harus berhati-hati. Baik sepeda motor, maupun kendaraan tertutup seperti mobil, bus dan truk harus waspada tentang kemungkinan kecelakaan yang bisa saja terjadi di kondisi jalan macet ataupun lengang.

"Pengendara harus waspada, berhati-hati meskipun kondisi jalan macet ataupun lengang," pungkas perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Transportasi dan Logistik ITS.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan mau menimpa Bus Harapan Jaya AG 7850 UR dengan truk L 3149 QY di Jalan Raya Trosobo, Krian, Sidoarjo dini hari tadi. Bus dari arah Mojokerto-Surabaya ini awalnya menghindari sepeda motor yang terjatuh di badan jalan.

Apa daya, bus yang memuat sekitar 50 penumpang tersebut terguling ke badan jalan dalam arus berlawanan. Saat bersamaan, sebuah truk dari arah berlawanan langsung menabrak hingga bus jungkir balik. Sebanyak 8 orang meninggal dan 42 orang luka-luka dalam kejadian ini.
(nrm/fat)

Berita Terkait