ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
18 September 2012, 16:09

ITS Dapat Donasi Class NK Jepang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bentuknya cukup unik. Yakni berupa donasi buku dan awarding bagi mahasiswa FTK. Tak tanggung-tanggung, Mr Noboru Ueda, Chairman and President of Class NK hadir langsung sebagai perwakilan ClassNK.

Sementara itu mewakili ITS adalah Prof Dr Darminto, Pembantu Rektor IV Bidang Pengabdian Masyarakat dan Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD, Dekan FTK. Dalam kesempatan tersebut, keduanya melakukan penandatangganan Memorandum of Angreement (MoA) untuk Class Award dan Donasi of ClassNK Library.

Dalam sambutannya, Noboru menjelaskan bahwa apresiasi ini diberikan dalam rangka memperingati keberhasilan ClassNK menembus 200 juta gross ton. Angka ini merupakan total berat kapal yang pernah ditanggani oleh ClassNK.

Class NK sendiri merupakan perusahaan di bidang klasifikasi kapal yang terpusat di Jepang. Perusahaan ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Tugasnya adalah memeriksa dan mengeluarkan sertifikasi kapal sehingga layak layar.

Ditemui usai acara, Eko Budi Djatmiko mengungkapkan bahwa MoA ini adalah suatu kebanggaan bagi ITS. Pasalnya, ITS merupakan satu-satunya universitas di luar Jepang yang mendapatkan apresiasi ini.

”Penilaiannya, berdasarkan banyaknya alumni yang bekerja dengan baik di perusahaan tersebut. Juga karena prospek ITS di bidang perkapalan sangat tinggi,” terang dosen yang akrab disapa Eko ini.

Lebih lanjut, Eko menambahkan bahwa award yang diberikan ClassNK berbeda dengan beasiswa. Award bagi mahasiswa FTK ini akan diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir dengan IPK di atas 3.35.

Syarat lainnya adalah mengetahui tentang dunia klasifikasi kapal dengan baik. Kemampuan karya tulis juga menjadi poin yang diperhitungkan. Lain halnya dengan Donasi of ClassNK Library. Sesuai dengan namanya, ClassNK memberikan sejumlah buku kepada FTK. Sebagian besar merupakan buku. Sebagian lagi berupa jurnal.

Seluruhnya tentang klasifikasi dan keselamatan kerja. Hanya saja, pihaknya masih belum dapat memastikan jumlahnya. ”Pun dengan peletakan buku. Masih menunggu keputusan rektor. Apakah di perpustakaan pusat atau perpustakaan fakultas,” ujar dosen Teknik Kelautan ini. (tia)

Teks foto :

Noboru Ueda (kiri) usai menandatangani MoU dengan Eko Budi Djatmiko.

Foto : Humas ITS

Berita Terkait