ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
20 September 2012, 13:09

Yosakoi Jepang-Reog Ponorogo Meriahkan 52 Tahun ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembukaan Dies Natalis ke-52 ITS juga ditandai dengan pelepasan ratusan balon, burung merpati dan sirine yang bergema di seantero stadion ITS.

Ribuan sivitas akademika ITS terlihat antusias dengan kegiatan yang diawali dengan senam bersama di Taman Alumni ITS mulai pukul 06.00 WIB itu.

Selanjutnya, defile kontingen dari tiap fakultas, biro, badan dan unit di lingkungan ITS dari mulai Taman Alumni menuju ke Stadion ITS sebagai pusat acara.

Setiap fakultas memilih pakaian berwarna khas yang mencerminkan fakultasnya, misalnya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dengan warna hitam dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) dengan warna merah.

Ketua Umum Dies Natalis ke-52 Prof Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD memaparkan setidaknya 10 acara dipersiapkan untuk merayakan ulang tahun ke-52 ITS.

"Pertengahan November mendatang akan ada jalan sehat, Pasar Seni ITS, kegiatan sosial, dan Temu Alumni bekerja sama dengan Ikatan Alumni ITS (IKA ITS)," katanya.

Kegiatan rutin yang tidak pernah ketinggalan adalag Fun Bike dan aksi Gowes Surabaya-Jakarta oleh IKA ITS. Ada pula, sepak bola U-40, futsal U-40, dan 10 pertandingan cabang olahraga lainnya.

"Lomba olahraga adalah salah satu cara untuk memupuk kebersamaan sivitas akademika ITS, karena itu setiap lini organisasi ITS dapat mengikuti pertandingan olahraga itu, sehingga menjunjung tinggi kebersamaan," kata Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA.

Dengan Dies Natalis yang diperingati bersamaan dengan ITS (10/11), Universitas Airlangga Surabaya menandai Dies Natalis ke-58 Unair pada 10 November 2012 dengan mencanangkan diri sebagai "Health Center Science" (HSC).

"Tekad itu dicanangkan Rektor Prof Dr H Fasich Apt dalam upacara pembukaan dies natalis di halaman Kantor Manajemen Unair kampus C Mulyorejo Surabaya, 31 Agustus lalu," kata Ketua Panitia Peringatan Dies Natalis Ke-58 Unair, Dr Hj Umi Athiyah MS Apt.

Pencanangan itu antara lain dilakukan Rektor Unair dengan meresmikan "Taman Toga" (Tanaman Obat Keluarga) yang baru selesai dibangun di kawasan danau Kantor Manajemen Unair, "center of fitofarmaka", dan pengembangan "seed vaccine" flu burung.

Tidak berbeda dengan ITS, pembukaan dies natalis Unair (31/8) juga dimeriahkan dengan empat tari-tarian yang dibawakan oleh mahasiswa Unair yakni Tirta Amerta, Lenggang Surabaya (tari kolosal), Tari Saman, dan Albanjari. (*)

Berita Terkait