ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
01 Oktober 2012, 15:10

ITS Bangun Menara Sains Rp 100 Miliar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pemancangan pertama gedung megah itu dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, Minggu (30/9/2012). Tri Joko Wahyu Adi, Panitia Pembuat Komitmen (PPK) menyatakan, pembangunan Menara Sains itu untuk mewujudkan ITS sebagai universitas riset bertaraf internasional (International Research University).

Gedung itu, rencananya selesai pada 2014 dan dibangun secara bertahap. Untuk itu, Joko yang juga dosen Teknik Sipil berharap dana dari APBN  tak tersendat.

Mendikbud M Nuh mengatakan, populasi mahasiswa sains di Indonesia hanya 3,5 persen dari total populasi mahasiswa. Saat ini, Indonesia sangat membutuhkan 113 juta tenaga ahli. "Sedangkan kita saat ini kekurangan 9 juta tenaga ahli," kata Nuh.

Setiap tahun, ITS hanya mampu meluluskan 5.000 mahasiswa teknik. Meski lulusan ITS digabung dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, maka tetap belum mampu menutupi kekurangan 9 juta tenaga ahli. "Tidak ada cara lain selain memperkuat basic science dan engineering. Kita butuh lulusan sarjana teknik lebih banyak lagi," kata M Nuh.

Rektor ITS Prof Tri Yogi Yuwono mengatakan, gedung itu sekaligus untuk mempercepat iklim pendidikan sains di Indonesia. ITS nantnya juga akan melayani program pendidikan khusus untuk mencetak guru-guru sains dan teknik. “Bila dipercaya, ITS juga siap mengawal program khusus mencetak guru sains tersebut. Kami akan mendukung program ini dengan membentuk program studi keguruan di setiap jurusan," kata Tri Yogi.

Guru besar Teknik Mesin ini menguraikan, satu jurusan nanti akan mampu menampung 100 mahasiswa. Jika ini terealisasi, maka ITS akan memiliki 2.200 calon guru sains dan teknik dari ITS.

Namun, diakui Rektor ITS tersebut, rencana ITS membuka program keguruan khusus sains itu masih menunggu konfirmasi pemerintah. Namun diakui, sinyal untuk mencetak guru sains itu sudah ada.

 

Berita Terkait