ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 Januari 2013, 21:01

IPC Gandeng ITS di Bidang Akademis & Pengabdian Masyarakat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman terkait hal tersebut antara IPC dan ITS di Gedung Rektorat ITS, Surabaya, Senin (14/1/2013). Kerjasama pelatihan dan pendidikan dengan ITS dirancang untuk memenuhi tujuan IPC, yakni memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan yang terbaik melalui berbagai inovasi dan pembangunan, termasuk peningkatan sumber daya manusia di internal perusahaan.
 
“Perusahaan berkomitmen untuk selalu memfasilitasi para karyawan IPC mengembangkan ilmu yang sesuai dengan standar layanan kepelabuhanan internasional,” ujar Direktur Utama IPC R J Lino, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (14/1/2013).
 
Kerjasama antara IPC dan ITS terdiri dari dua program, yakni kerjasama dalam bidang pendidikan serta pengabdian terhadap masyarakat. Kerjasama dalam bidang pendidikan dijalankan melalui program pelatihan dari ITS kepada para pegawai IPC, seperti dalam bidang manajemen pelabuhan, operasi material handling pelabuhan, operasi, survei, perawatan kapal port-tug, serta rekayasa pantai.
 
Sebagai timbal balik, IPC akan mengakomodasi program praktik kerja mahasiswa ITS di pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah otoritas IPC. Sementara dalam bidang pengabdian masyarakat, kerjasama yang dilakukan adalah penyediaan tenaga ahli dan peralatan laboratorium oleh ITS yang akan digunakan untuk penelitian dalam rangka implementasi corporate social responsibility IPC.
 
ITS sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, diharapkan berperan sebagai back stop bagi kegiatan penelitian dan kajian akademis yang dapat mendukung kinerja operasional IPC. Penelitian dan kajian akademis tentu akan semakin mendukung IPC dalam mewujudkan pelayanan pelabuhan yang mampu mengakomodasi kebutuhan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kerjasama antara IPC dan ITS akan dilangsungkan selama dua tahun hingga 2015.
(mrg)

http://kampus.okezone.com/read/2013/01/14/373/746172/ipc-gandeng-its-di-bidang-akademis-pengabdian-masyarakat

Berita Terkait