ITS News

Senin, 02 September 2024
28 Januari 2013, 18:01

Banyak Pohon, Banyak Rezeki

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pohon mempunyai banyak manfaat yaitu menahan laju air sehingga akan lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah. Selain itu, akar pohon juga akan menahan tanah yang terkikis agar tidak masuk ke aliran sungai/saluran air yang akan menimbulkan endapan. Manfaat yang lainnya adalah menjaga kesuburan tanah, memasok kebutuhan oksigen (O2), menyaring kotoran (debu jalanan, abu pabrik/rumah tangga), mereduksi beberapa zat pencemar udara dan meningkatkan kenyamanan lingkungan.

Melihat begitu banyak manfaat yang diberikan oleh pohon maka sangat disayangkan jika sampai saat ini banyak yang masih belum sadar untuk menanam pohon. Tidak perlu menunggu adanya program tanam seribu pohon terlebih dahulu, baru mau bergerak. Namun dengan kesadaran sendiri, tentu hal tersebut akan lebih bermakna dan bermanfaat. 

Lalu apa hubungan pohon dengan rezeki? Dari hasil pohonnya? Apakah itu berarti bahwa kita harus menebang pohon? Tentu tidak. Coba kita lihat bencana-bencana yang berhubungan dengan ketersediaan pohon.
Banjir yang terjadi di mana-mana juga salah satunya disebabkan oleh berkurangnya pohon. Dari manfaat di atas terlihat bahwa salah satu manfaat pohon adalah menahan laju air sehingga akan lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah.

Namun yang terjadi sekarang bukanlah pohon yang tumbuh menjamur, namun bangunan-bangunan tinggi nan mewah yang tentu saja mengurangi daerah serapan air. Dengan berkurangnya pohon, maka berkurang pula komponen penahan laju air dan juga berkurang pula daerah serapan. Karena hal ini maka banjir tidak dapat terelakkan.

Akhir-akhir ini juga banyak terdengar bencana tanah longsor yang terjadi di daerah tinggi apalagi ketika musim hujan telah tiba. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata salah satu penyebab terjadinya tanah longsor juga berasal dari kurangnya ketersediaan pohon. Penebangan hutan tanpa dilakukannya reboisasi menyebabkan hutan menjadi gundul. Tidak ada akar yang dapat menahan struktur tanah agar tidak bergerak berlebihan yang menyebabkan tanah longsor.

Berkurangnya pohon menyebabkan berkurangnya saringan terhadap debu, abu pabrik maupun rumah tangga. Ketika masih terdapat banyak pohon maka debu dan zat-zat pengotor tersebut akan tersaring dengan menempel pada daun-daun dari pohon. Pada saat musim hujan, kotoran yang menempel tadi akan meluruh seolah-olah dicuci oleh air hujan. Polusi ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Bencana yang disebutkan di atas hanyalah beberapa bencana yang berhubungan dengan ketersediaan pohon. Adanya bencana tersebut akan mengganggu aktivitas dan mobilitas manusia. Maka tidak salah jika slogan yang berbunyi banyak pohon banyak rezeki adalah benar.

Dengan banyaknya pohon maka mengurangi atau bahkan menghilangkan bencana yang timbul. Dengan tidak adanya bencana maka aktivitas tidak akan terganggu dan kesehatan juga akan baik-baik saja. Mobilitas kerja yang dilakukan manusia juga akan tinggi sehingga meningkatkan kualitas produk maupun hasil kerja yang baik Hal inilah yang akan dapat meningkatkan rezeki.

Aulia Rahmawati
Mahasiswi Jurusan Teknik Mesin
Angkatan 2010

Berita Terkait

ITS Media Center > Opini > Banyak Pohon, Banyak Rezeki