ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
01 Februari 2013, 11:02

Nedal, Doktor Asing Pertama di Teknik Elektro ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berawal dari permasalahan yang sering ditemui saat mengajar, Nedal merumuskan disertasi yang bertajuk Adaptive Virtual Classroom Model (AVCM) Based on Student Modelling and Course Sequencing. Riset ini didorong oleh fakta yang ditemukan Nedal, yakni tingkat pemahaman pelajar yang berbeda-beda dalam suatu kelas.

Lulusan doktor ke-24 Program Doktor Teknik Elektro ITS ini mengungkapkan, perbedaan pemahaman pelajar terhadap suatu pelajaran disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranta, tingkat pengetahuan, kemampuan, dan kesenangan terhadap suatu mata kuliah.

Nedal menilai, konsep sistem pembelajaran adaptif dirasa sebagai alternatif yang mampu menyelesaikan atau meminimalisir masalah tersebut. ”Ini dikarenakan keuntungan yang diberikan sistem ini,” ujar Nedal, seperti disitat dari ITS Online, Rabu (30/1/2013).

Sistem ini, lnjutnya, juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menambah atau mengganti komponen tanpa mengubah sistemnya. Model sistem menggunakan data independen dan mudah digunakan tanpa harus membutuhkan pelatihan tingkat tinggi bagi pelajar dan pengajar pemula. ”Selain itu, masih menggunakan perangkat sederhana seperti Page Hypertext Preprocessing (PHP) dan Structured Query Language (SQL),” tutur pria kelahiran 23 Maret 1970 itu.
 
Sidang terbuka promosi doktor kali ini terlihat istimewa. Pasalnya, Duta Besar Palestina untuk Indonesia,  Fariz N Mehdawi turut menghadiri sidang tersebut. Demikian juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Hal ini sebagai suatu upaya untuk mendukung lulusnya doktor ke-10 yang didelegasikan Palestina untuk belajar di Indonesia.(rfa) 

http://kampus.okezone.com/read/2013/01/30/373/753898/nedal-doktor-mancanegara-pertama-di-teknik-elektro-its

Berita Terkait