ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
23 Februari 2013, 11:02

Program Kreativitas Mahasiswa ITS Paling Banyak Dapat Hibah Dikti

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jumlah tersebut membawa ITS unggul atas Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan 450 karya, Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan 389 karya, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 351 karya. Sementara Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tahun lalu berada di peringkat pertama, harus puas di posisi keempat dengan 365 karya.
 
Keberadaan ITS di peringkat pertama ternyata merupakan pengalaman perdana. ”Ini merupakan kali pertama ITS menempati posisi terbanyak yang didanai. Ini jelas menjadi perkembangan yang sangat bagus bagi ITS,” tutur Kepala Pusat Pembinaan Aktivitas Mahasiswa ITS Bandung Arry Sanjoyo, seperti dilansir oleh Okezone, Sabtu (23/2/2013).
 
Sebanyak 551 proposal PKM ITS tersebut terdiri dari 159 PKM di bidang Kewirausahaan, 144 di bidang Penelitian, 165 di bidang Karca Cipta, dan 56 PKM Pengabdian Masyarakat. Sementara 27 sisanya berasal dari PKM di bidang Penerapan Teknologi.
 
Bila tahun lalu pendanaan yang diberikan Dikti maksimal Rp10 juta per PKM, tahun ini diusulkan untuk bisa maksimal Rp12 juta per PKM. Tapi hingga saat ini masih belum ada keputusan pasti dari Dikti tentang nilai pendanaan yang akan diberikan nantinya.
 
Namun, kata Bandung, Dikti sudah meminta agar PKM yang mendapat pendanaan ini bisa segera dikerjakan pada Februari ini. ”Rencananya monitoring dan evaluasi (monev) akan dilakukan Dikti pada Mei mendatang,” jelasnya.
 
Jumlah proposal yang disetujui untuk didanai tersebut merupakan bagian dari 1.425 proposal PKM yang diajukan oleh para mahasiswa ITS sebelumnya. Tahun lalu, jumlah proposal PKM dari ITS yang didanai sebanyak 590 PKM dan berhasil lolos ke Pimnas sebanyak 41 PKM.
 
Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah PKM yang didanai dan lolos menuju Pimnas tahun ini memang lebih rendah. Namun secara peringkat bisa lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya menempati posisi kedua setelah UGM.
 
Untuk tahun ini, menurut Bandung, target yang bisa lolos Pimnas juga agak turun dibanding tahun lalu, yakni sebanyak 40 PKM. ”Kami cukup menargetkan 40 PKM saja untuk bisa lolos ke Pimnas nantinya. Tapi dengan harapan bisa meraih peringkat pertama di Pimnas,” papar dosen jurusan Matematika ITS itu.
(mrg)

http://kampus.okezone.com/read/2013/02/23/373/766526/program-kreativitas-mahasiswa-its-paling-banyak-dapat-hibah-dikti

Berita Terkait