ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
26 Februari 2013, 11:02

BEM FTSP ITS Gelar Pemanasan Sebelum Pimnas XXVI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan besutan Departemen Sains dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS itu bukanlah kali pertama. Pada ajang kali ini, panitia menyeleksi 14 tim terpilih dari 51 proposal PKM GT yang terkumpul. Kadep Saintek BEM FTSP Iva Yenis Septiana mengungkap, sejak Desember lalu, proposal PKM GT mahasiswa FTSP dikumpulkan dan diseleksi. ”Semua proposal ini diseleksi untuk mengikuti kompetisi tingkat fakultas dan institut,” ungkap Iva, seperti dinukil dari ITS Online, Selasa (26/2/2013).
 
Iva menjelaskan, kompetisi tersebut bertujuan sebagai media latihan presentasi proposal PKM GT bagi para peserta. Bahkan, tiga besar yang akan menjadi pemenang ajang tersebut berhak membawa timnya sebagai perwakilan FTSP dalam kompetisi tingkat institut. ”Penjuriannya pun serupa dengan penjurian PKM pada umumnya,” urainya.
 
Dia mengaku bersyukur melihat peningkatan minat PKM tahun ini. Merangkak naik, FTSP menduduki peringkat ketiga pengirim proposal terbanyak di tingkat institut setelah FTI dan FMIPA. Minimnya sosialisasi PKM terhadap mahasiswa FTSP dinilai Iva sebagai penyebab rendahnya jumlah proposal PKM FTSP selama ini. ”Kami ini fokus pada perencanaan. Jadi kalau disuruh bikin karya tulis seperti ini agak sulit juga,” ujar mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan itu.
 
Namun, tahun ini peserta terlihat siap menjalani proses panjang PKM. Mulai dari mendapat pendanaan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) hingga akhirnya lolos menuju Pimnas XXVI di Mataram. Kesiapan itu terlihat dari penampilan peserta saat presentasi. Beberapa juri yang merupakan dosen penalaran PKM mengaku bangga atas ide kreatif dari mahasiswa. ”Mereka semua memiliki ide yang luar biasa, tapi PKM GT bukan hanya sebatas ide gila, tapi juga tetap harus memikirkan implementasinya untuk beberapa tahun ke depan,” tutur salah seorang juri, Elly Agustiani.
 
Pada kompetisi tersebut, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dengan judul proposal ”Dual Monorail System Transportasi Ramah Lingkungan di Masa Depan Berbasis Teknologi Solar Cell” dinobatkan sebagai juara pertama.
(mrg)

http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/373/767745/bem-ftsp-its-gelar-pemanasan-sebelum-pimnas-xxvi

Berita Terkait