ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
12 April 2013, 17:04

Pertahankan Akreditasi, ITS Berikan Data Pendukung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembantu Rektor I ITS Herman Sasongko menyebut, persyaratan administratif yang dibutuhkan BAN-PT untuk melaksanakan reakreditasi sudah dipenuhi oleh ITS sejak Januari 2013. Namun, hingga kini ITS belum mendapat jadwal pasti untuk visitasi BAN-PT ke ITS.

"Seharusnya BAN-PT melakukan visitasi pada Febuari. Namun hingga saat ini, ITS belum mendapat pemberitahuan jadwal visitasi yang akan dilakukan oleh BAN-PT," kata Herman, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (12/4/2013).

Herman mengungkap, untuk proses reakreditasi pihaknya telah mengirimkan data pendukung dalam penilaian BAN-PT atas akreditasi ITS. Data pendukung tersebut berupa capaian prestasi bidang kemahasiswaan, pemberdayaan program pascasarjana, penelitian, pembaruan sistem dan teknologi informasi. Bahkan, jumlah kerja sama internasional yang secara signifikan dapat meningkatkan publikasi internasional juga turut dilampirkan.

Di samping itu, rencana strategis (renstra) ITS akan turut disampaikan saat visitasi dari BAN-PT. Dokumen yang diserahkan ke BAN-PT terdiri atas dokumen borang, dokumen evaluasi diri, dokumen lampiran yang masing-masing berjumlah enam berkas, serta enam keping DVD dokumen pendukung.

Tidak hanya itu, ITS telah melakukan akreditasi program studi. ”Seluruh jurusan di ITS telah terakreditasi dengan rincian 86 persen terakreditasi A, sisanya terakreditasi B, empat program studi (prodi) menunggu visitasi, dan tiga prodi menunggu hasil visitasi dari BAN-PT,” jelasnya.

Untuk itu, Herman berharap agar seluruh civitas academica ITS menyukseskan visitasi dari BAN-PT. Sebab, pengajuan permohonan usulan akreditasi institusi ini merupakan yang kedua bagi ITS. ”Kami belum divisitasi oleh BAN-PT, mari bersama-sama menyukseskan akreditasi ITS,” ajak Herman.(rfa)

http://kampus.okezone.com/read/2013/04/12/373/790544/pertahankan-akreditasi-its-berikan-data-pendukung

Berita Terkait