ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
13 April 2013, 13:04

ITS panlok SBMPTN 2013

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Panlok kali ini terdiri dari 5 Perguruan Tinggi diantaranya yaitu UNESA (Universitas Negeri Surabaya), UNAIR (Universitas Airlangga) Surabaya, IKIP SURABAYA, IAIN dan Universitas TRUNOJOYO Bangkalan.

Dalam acara konferensi pers yang diadakan diruang sidang Badan Akademik ITS, Jumat (12/4). Selain dari ITS, hadir juga UNESA dan UNAIR.

Dr. Dra. Ismaini Zain, MSi humas panlok dari ITS, memaparkan tentang SBMPTN 2013. SBMPTN sendiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis.

Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti seleksi SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Namun peserta Bidikmisi dikatakan gugur kalau dianggap mampu (dari keluarga berada). Selain ujian tertulis, ada juga program studi ilmu seni dan keolahragaan yang mempersyaratkan uji keterampilan.

Jenis yang akan di ujikan yaitu ilmu keolahragaan, seni rupa, sendratasik, seni tari dan musik yang nantinya akan ditempatkan di UNESA.

Ismaini juga menjelaskan perbedaan tahun ini dengan tahun kemarin. “Bedanya kalau tahun ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sedangkan tahun kemarin itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).” jelas Ismaini saat konferensi pers, Jumat (12/4).

Kelompok program studi pun juga berubah, yang tadinya IPA dan IPS menjadi SAINTEK (Sains & Teknologi) dan SOSHUM (Sosial & Humaniora).

Dibanding tahun lalu, Biaya seleksi kali ini terhitung naik sebesar 25.000 rupiah, dari 150.000 (IPA & IPS) menjadi 175.000 (SAINTEK & SOSHUM).

Seleksi Mahasiswa Masuk PTN tahun ini tidak begitu rumit. Ismaini juga menghimbau untuk semua calon peserta yang tinggal diluar kota/pulau, tidak perlu datang ke surabaya. “Mereka cukup dengan mengisi formulir secara online didaerah masing-masing dan untuk calon peserta yang berada diluar negeri harus mengikuti uji kesetaraan terlebih dahulu di dinas pendidikan setempat,” papar Ismaini.

Sedangkan untuk prosedur pembayaran pendaftaran SBMPTN 2013 akan di-Upload tutorial tatacara pendaftaran secara online dan panduan peserta, agar calon peserta dapat memahami tatacara pendaftaran sebelum mereka melakukan pendaftaran melalui http://ujian.sbmptn.or.id. Pendaftaran online ini akan dimulai pada 13 Mei sampai 7 Juni 2013. @angga_perkasa

http://www.lensaindonesia.com/2013/04/13/its-panlok-sbmptn-2013.html

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > ITS panlok SBMPTN 2013