ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
05 November 2013, 15:11

ITS Terima Bantuan Dana Rp38 M dari Alumni

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk kegiatan Eco Campus misalnya, IKA ITS meyumbang 500 pohon dan 100 unit sepeda. Sementara sumbangan dana lainnya juga diberikan untuk beasiswa dan dana pembangunan ITS, yakni pembangunan tower asrama gratis untuk mahasiswa.

”ITS katanya mau bangun empat tower nantinya. Alumni Jurusan Teknik Sipil angkatan ke-17 (S17) sudah menyumbang sebesar Rp38 miliar untuk satu tower. Kami menyumbang Rp1 miliar sebagai awalan,” ujar Ketua Umum IKA ITS Jakarta Raya, Adi Setyawan, seperti dilansir olah Okezone, Selasa (5/11/2013).

Menurut Adi, setelah mengetahui dana pasti yang dibutuhkan untuk membangun satu tower, IKA ITS akan memberikan dana sumbangan lagi nantinya. ”Kami menunggu dana real-nya berapa, nanti akan kami upayakan untuk membantu dana yang dibutuhkan,” tambahnya.

Kemudian, untuk beasiswa, IKA ITS mengucurkan dana sebesar Rp105 juta untuk beahidup mahasiswa selama satu tahun. Awalnya, beahidup tersebut diperuntukkan untuk 15 mahasiswa, namun menurut Rektor ITS Tri Yogi Yuwono, dengan pertimbangan untuk mekanisme dan sasaran aliran beahidup tersebut dapat digunakan bagi lebih dari 15 mahasiswa.

”Kalau saya boleh menawar, bagaimana kalau sasaran yang akan mendapat beahidup tidak saklek 15 mahasiswa? Karena kebutuhan setiap mahasiswa tidak sama, bahkan yang sudah mendapat beasiswa pun bisa jadi masih kurang," ujar Tri Yogi.

Maka, Tri Yogi menawarkan agar mekanisme beahidup tersebut disesuaikan pula dengan kebutuhan mahasiswa. ”Jadi nanti pembagiannya akan menyesuaikan, jika mahasiswa tersebut setiap bulannya kekurangan Rp200 ribu, maka akan kita alokasikan sebesar itu. Untuk mekanismenya ITS yang akan mengatur,” paparnya.

Dengan cara seperti itu, dia yakin dana sumbangan untuk beahidup akan tersalurkan kepada lebih banyak mahasiswa. Menanggapi hal tersebut, Adi tidak merasa keberatan atas tawaran yang disampaikan oleh Rektor ITS. ”Kami serahkan mekanismenya kepada ITS, tentang bagaimana proses penyalurannya, berapa sasarannya, yang penting dana tersebut bermanfaat dan tepat sasaran,” kata Adi. (mrg)

Sumber; http://kampus.okezone.com/read/2013/11/05/373/892143/its-terima-bantuan-dana-rp38-m-dari-alumni

Berita Terkait