ITS News

Senin, 02 September 2024
18 November 2013, 20:11

Jadi Mahasiswa Harus Sehat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sehat merupakan anugerah luar biasa yang harus kita syukuri. Bukan hanya mengenai berapa banyak uang yang kita keluarkan untuk biaya pengobatan, tapi juga mengenai kesempatan dan pengalaman berharga yang bisa kita dapat bila seandainya kita tidak sakit.

Doddy Priambodo, Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina, dulu pernah mengungkapkan bahwa gaya hidup tidak sehat semasa menjadi mahasiswa akan sangat mempengaruhi kinerja seorang fresh graduate. ”Pola makan tidak sehat dan perilaku malas berolahraga nantinya akan merugikan mahasiswa sendiri,” tuturnya saat memberikan pembekalan Dare to be Global tahun lalu.

Saya pun tidak mengelak, kegiatan yang luar biasa sibuk dan bertambahnya amanah yang diemban. Juga tanggung jawab akademik yang harus dipikirkan. Semua hal tersebut sangat melekat mahasiswa.

Begadang mengerjakan tugas, rapat organisasi, kepanitiaan sana-sini, belajar buat ujian, hal-hal semacam ini yang membuat mahasiswa melalaikan kesehatannya. Apalagi kalau kita sudah bicara soal anak kos yang jadwal sarapan dan makan siang jadi satu. Ya, memang begitu adanya sih, tapi sebisa mungkin tidak kita teruskan sehingga menjadi kebiasaan.

Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu sampai diet ketat dan olahraga yang berlebihan. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan sebagai mahasiswa:

1. Sarapan
Jangan remehkan apa yang kita makan di pagi hari. Sarapan itu penting karena dapat mempengaruhi konsentrasi di kampus.

2. Kurangi jajan sembarangan
Sebisa mungkin hindari makanan yang dimasak dengan minyak jelantah. Jangan sampai kita menjadi sarjana, tapi menderita kolesterol dan lemak yang berlebih.

3. Olahraga
Sempatkan berolahraga minimal seminggu sekali. Selain membuat badan lebih sehat, olahraga juga bisa menjadi media refreshing dari penatnya beban kampus.

4. Istirahat dengan cukup
Lembur kadang menjadi solusi, tapi jangan dibiasakan. Ketika tugas menumpuk dan banyak kegiatan, atur waktu lagi dengan baik.

Selamat Hari Kesehatan Nasional!
Tetap sehat! Tetap semangat!
Mulailah dengan peduli akan kesehatan diri sendiri, lalu peduli pada orang di sekitarmu.

Firda Fahrun Nisa’
Mahasiswa Statistika angkatan 2012

Berita Terkait

ITS Media Center > Opini > Jadi Mahasiswa Harus Sehat