ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
19 November 2013, 10:11

Minyak Sinchan Unpad Raih Juara di UI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mereka ialah Nanda Najih Habibil Afif dan Fikri Abdulah. Pada kompetisi tersebut, dua sekawan itu menulis paper berjudul ”Minyak Sinchan (Single Chain Non-Sulphurade): Produksi Minyak Hidrokarbon dari Sampah Makanan Hewani (Zoo-Food Trash) berbasis Prinsip Metamorfisme dan Reaksi Ionisasi CaCO3.”

Untuk sampai di grand final, kedua mahasiswa tersebut harus melewati serangkaian seleksi. Ketika tiba di babak terakhir, mereka harus melakukan presentasi di hadapan empat dewan juri yang merupakan profesor peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dosen Fakultas Teknik (FT) UI.

Setelah melakukan presentasi dengan durasi 10 menit, selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab terkait penelitian mereka selama 20 menit. Tim FTG Unpad sebagai juara pertama disusul tim FT Universitas Brawijaya (UB) Malang di tempat kedua dan ketiga.

Nanda mengaku, kompetisi tersebut terbilang ketat dari segi persaingan maupun penilaian dewan juri. ”Kompetisi ini menurut saya sangat ketat. Beberapa dari mereka melakukan riset di bidang nano-energy. Juri-jurinya juga sangat kritis,” ujar Nanda, seperti disitat dari laman Unpad, Selasa (19/11/2013).

Kegiatan tersebut merupakan acara tahunan FT UI yang digelar dalam rangkaian Metallurgy and Material`s Week (MnM`s Week) dengan tema ”Inovasi Material dan Teknologi untuk Sustainable Energy.” Untuk mengikuti kompetisi tersebut, setiap peserta mengirimkan paper penelitiannya terkait dengan keenergian dunia

Tidak hanya Unpad dan UB, terdapat sejumlah perwakilan universitas lain yang memasuki grand final. Sebut saja, tim tuan rumah, yakni UI, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Riau (Unri), dan Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta)

Sumber; http://kampus.okezone.com/read/2013/11/19/373/899418/minyak-sinchan-unpad-raih-juara-di-ui

Berita Terkait