ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
07 Desember 2013, 15:12

Gerakan 10 Ribu Tumbler Wujudkan Kampus Bebas Plastik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

”Gerakan ini mengajak mahasiswa untuk bergabung dalam program yang bertujuan mengurangi pemakaian plastik sebagai wadah minuman,” kata Detak Yan Pratama ST MSc Ketua Pelaksana Gugur Gunung ke-6, Jumat (6/12/2013).

Detak juga mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program ITS Eco Campus yang terus berupaya menggalakkan kegiatan peduli lingkungan. Tumbler sendiri merupakan wadah minuman pengganti plastik yang lebih aman dan tahan lama. Nantinya tumbler ini akan digunakan mahasiswa ITS untuk meminum air mineral dari dispenser-dispenser yang tersedia di sekitar kantin ITS.

”Selain menginisiasi Gerakan 10.000 Tumbler dalam Gugur Gunung 6.0 ini juga diadakan lomba creative urban farming yang diikuti oleh semua Himpunan Mahasiswa Jurusan di ITS. Urban farming adalah suatu kegiatan pertanian di dalam perkotaan yang melibatkan keterampilan, keahlian dan inovasi dalam budidaya dan pengolahan makanan,” ungkap dia.

Selama ini, ITS di bawah koordinasi Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program (BKPKP) telah melaksanakan program ITS Urban Farming di dalam kampus ITS.

Berbagai jenis tanaman sayur ditanam secara organik atau tanpa melibatkan unsur bahan kimia di salah satu area kampus seluas 300 meter persegi. Hasil panen sayur-sayuran organik yang diberi nama sayuran organik (Sayor) ini juga telah dinikmati para sivitas akademika ITS.

Sebelumnya kegiatan utama dalam Gugur Gunung 6.0 ini adalah melakukan penanaman bibit-bibit pohon untuk penghijauan di sekitar kampus ITS.

Kali ini dengan menggerakkan seluruh mahasiswa baru (Maba) ITS tahun 2013 sebanyak 4.800 orang untuk menanam sekitar 1.100 bibit pohon yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak antara lain dari PT Pertamina, Semen Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI dan IKA ITS. (dwi/ipg)

 

Sumber :: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2013/127953-Gerakan-10-Ribu-Tumbler-Wujudkan-Kampus-Bebas-Plastik

Berita Terkait