ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
07 Desember 2013, 15:12

Sembilan Mobil Listrik Akan Diuji Di Surabaya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebelum diuji coba, mobil-mobil itu akan dipamerkan pada warga Surabaya di pelataran Museum Bank Indonesia di Jalan Mayangkara.

Kiki Panitia Kegiatan Indonesia Electric Car Exhibition Uji Coba Kendaraan Listrik Nasional mengatakan, agenda itu merupakan satu di antara kampanye untuk membangun kesadaran akan pentingnya teknologi ramah lingkungan pada masyarakat, khususnya di Surabaya.

”Dengan pameran itu diharapkan akan tumbuh kesadaran dari masyarakat dengan penggunaan teknologi baru yang ramah lingkungan dan menunjang ketahanan energi,” ujarnya, Sabtu (7/12/2013).

Kampanye penggunaan teknologi ramah lingkungan itu digagas Kementrian Riset dan Teknologi, dengan menggandeng beberapa perguruan tinggi di Indonesia, untuk berkarya dan menciptakan mobil ramah lingkungan dan menunjang ketahanan energi. ”Mobil-mobil listrik itu merupakan karya mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, diantaranya UNS Solo, ITS Surabaya dan UGM Yogyakarta,” kata Kiki.

Sebelumnya, Kemenristek menggelar rangkaian kegiatan sosialisasi, edukasi dan ujicoba kendaraan listrik di lima kota besar di Pulau Jawa, dimulai di Yogyakarta, Bandung, Solo, Surabaya dan diakhiri di Jakarta. Kemenristek berharap nantinya mobil listrik bisa diproduksi industri lokal dan dipakai secara massal bangsa Indonesia.

Selain akan memamerkan mobil-mobil karya anak negeri, rencana Kementerian Riset dan Teknologi juga akan melakukan test drive di Balai Kota Surabaya bersama Walikota Surabaya, Senin (9/12/2013). (tas/fik)

 

Sumber :: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2013/127998-Sembilan-Mobil-Listrik-Akan-Diuji-di-Surabaya

Berita Terkait