ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
04 Januari 2014, 11:01

LBMM, Bengkel Teknik Mesin ITS yang Berumur 23 Tahun

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

LBMM ITS sudah berdiri sejak 23 tahun lalu. Sama seperti bengkel pada umumnya, LBMM juga merupakan sebuah bengkel resmi yang melayani jasa servis.Tidak hanya melayani jasa servis, LBMM juga mengenalkan dunia otomotif ke masyarakat luas dengan beberapa program unggulan mereka.

Bengkel resmi LBMM didirikan tepat di lantai dasar Jurusan Teknik Mesin ITS. Meski banyak yang menilai kurang strategis, namun hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka. ”Karena kami berdiri bukan untuk komersial namun atas dasar minat dan bakat mahasiswa jurusan kami,” ujar Ketua LBMM Firman Iffah Darmawangsa, seperti disitat dari ITS Online, Sabtu (4/1/2014).

Bengkel tersebut melayani jasa servis setiap hari dengan batasan waktu tertentu. Mulai pukul 16.00 hingga 20.00 WIB setiap Senin hingga Jumat dan pukul 10.00 hingga 16.00 WIB setiap akhir pekan.

Jenis servis yang ditawarkan pun bermacam-macam. Mulai dari pergantian bodi kendaraan, servis ringan, servis lengkap hingga servis berat. Bicara harga, LBMM ternyata memberikan tarif yang lebih murah dari bengkel biasa. ”Meski biaya murah, namun kualitas yang kami berikan adalah sama dengan bengkel lainnya,” ungkap Firman.

Hingga saat ini, setidaknya terdapat 75 mahasiswa yang telah tergabung menjadi anggota LBMM. Mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2012 hingga 2010 itu terbagi menjadi beberapa divisi, yakni organisasi, umum, hubungan luar, Human Resources Development (HRD), kewirausahaan, divisi roda dua, dan divisi roda empat.

Firman menyebut, LBMM mengembangkan keahlian anggotanya di bidang otomotif melalui berbagai pelatihan. Tidak hanya anggota LBMM, mahasiswa lain juga bisa pelatihan otomotif yang bertajuk Kursus Dasar Dasar Otomotif (KDDO). ”Hal ini juga dilakukan agar masyarakat yang mempercayakan kendaraannya pada kami bisa merasa puas dengan kinerja kami,” ujarnya.

Bahkan, untuk mengenalkan dunia otomotif ke masyarakat, LBMM menggelar dua acara besar, yakni Mechanical Skill Competition (MSC) dan Engine Tune Up (ETU). MSC merupakan kegiatan yang ditujukan untuk siswa SMK dan telah dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara ETU yakni kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan cara memberikan jasa servis kepada masyarakat Surabaya.

Tidak hanya itu, LBMM juga memiliki peran penting dalam pembuatan kendaraan hemat energi yang dipelopori oleh tim Sapu Angin ITS. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga peralatan yang dipakai dalam pembuatan kendaraan hemat energi itu.

Ke depan, Firman bercita-cita membawa LBMM untuk menjalin hubungan dengan perusahaan otomotif besar di luar negeri. "Salah satu caranya dengan menciptakan inovasi terbaru seperti pengembangan engine hybrid atau pembuatan go-kart," tutup mahasiswa angkatan 2010 itu.
(mrg)

Berita Terkait