ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
07 Januari 2014, 10:01

UB Diserbu Pasukan Putih Abu-Abu

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kunjungan pertama dari SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta. Sebanyak 135 siswa  kelas XII SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta yang ditemani tujuh guru pendamping mengikuti dengan seksama penjelasan dari staf akademik, Edy Suyanto.

Pada kesempatan itu, Edy menjelaskan tentang profil UB, mulai dari letak geografis, biaya pendidikan, beasiswa Bidik Misi, dan profil setiap fakultas. Dia mengungkap, tahun ini beberapa fakultas di UB membuka program studi (prodi) baru.

Maka, kata Edy, calon mahasiswa harus mempersiapakan diri untuk bisa menentukan pilihan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. "Untuk memilih prodi yang sesuai, harus memiliki strategi agar tidak salah memilih. Bisa membedakan antara Prodi bidang IPA atau IPS," papar Edy, seperti dilansir laman UB, Selasa (7/1/2014).

Salah seorang guru pembimbing SMAN 7 Muhammadiyah Yogyakarta Suyanto mengaku, kunjungan ke UB merupakan agenda study tour yang direncanakan oleh sekolah. Sebelumnya mereka berkunjung ke dua universitas di Surabaya, yakni Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Menurut Suyanto, dengan mengunjungi langsung calon kampus idaman, para murid diharapkan semakin termotivasi untuk menjadi bagian dari kampus tersebut. "Kegiatan ini diharapkan membuat siswa lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi," ujar Suyanto.

Kemudian, kunjungan kedua merupakan rombongan dari SMAN 1 Sidoarjo dengan jumlah dua kali lipat, yakni 287 siswa. Salah seorang guru pembimbing SMAN 1 Sidoarjo menyampaikan, kunjungan ke UB merupakan salah satu usaha untuk terus mengikuti perkembangan dunia universitas.

"Banyak hal baru di UB dan kami berharap para siswa bisa mendapatkan informasi langsung tentang UB," ungkapnya.

Para pelajar kelas XI SMAN 1 Sidoarjo itu sangat antusias menyimak berbagai penjelasan tentang UB. Bahkan, salah seorang siswa, yakni Ardhi mengaku semakin termotivasi untuk menjadi mahasiswa UB kelak.

"UB memang universitas yang megah dan saya ingin masuk Fakultas Hukum nanti," tutur Ardhi. (ade)

Berita Terkait