ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
12 Januari 2014, 14:01

Lulusan Perguruan Tinggi Harus Jadi Teladan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam tema Karena Dunia Terus Berkembang, Jonan menekankan kepada calon wisudawan agar mampu memanfaatkan ilmu yang telah didapat selama bangku kuliah. Dia meyakinkan kepada mereka bahwa ilmu akan terus berkembang.

Namun, Jonan juga mengingatkan agar ilmu yang mereka pelajari harus bermanfaat bagi masyarakat luas. "Tak cuma berkembang, ilmu harus dapat diaplikasikan dan bermanfaat untuk masyarakat," ujar Jonan, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (12/9/2014).

Dirut terbaik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2013 menambahkan, para lulusan harus memegang teguh integritas karakter dan menjadi teladan. Menurut Jonan, selain bisa memperbaiki sistem, menjadi teladan adalah langkah selanjutnya saat memasuki dunia kerja.

"Itu harus dilakukan secara konsisten. Konsisten seperti apa? Yaitu taat aturan, salah katakan salah dan segera selesaikan apa yang kurang. Dari hal tersebut, perguruan tinggi bisa menghasilkan produk yang memiliki karakter," imbuhnya.

Senada dengan Jonan, Kepala Badan Akademik dan Hubungan Alumni (BAKP) ITS Bambang Sampurno turut berharap agar para calon wisudawan dapat meraih berbagai ilmu dari praktisi yang telah banyak mengambil keputusan strategis dan berpengalaman. "Untuk itulah kami mengundang Dirut yang telah membuat perubahan nyata selama ini," kata Bambang. (mrg)

Berita Terkait