ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
02 Mei 2014, 14:05

Wuuzzz, Molina ITS Meluncur Keliling Jawa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pagi ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh pun melepas Molina dalam Tour de Java. Tim Molina ITS mengendarai pilot project mobil listrik nasional itu dari halaman Kemendikbud ke Bandung, Yogyakarta dan tujuan akhir Kota Pahlawan.

Mendikbud menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa dan dosen ITS dalam upaya membuat mobil listrik tersbeut. "Keberadaan mobil listrik ini menjawab tantangan apakah mahasiswa bisa menciptakan teknologi dengan baik dan kemudian masuk dalam produksi massal," ujar Nuh, dalam pelepasan Tour de Java Mobil Listrik Nasional ITS di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Nuh memaparkan, pembuatan Molina dimulai ITS sejak dua tahun lalu. Ketika itu mereka membuat rancangan sistem, pembangkit listrik dan sistem transmisi yang akan digunakan Molina.

"Dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan, ada mobil bertenaga surya yang ikut kompetisi tingkat dunia di Australia telah mampu mencapai 870 kilometer (km). Mudah-mudahan lebih ditingkatkan lagi. Bismillah, kita luncurkan Molina," ucapnya.

Sekadar diketahui, dalam rombongan Molina ini ada mobil Lowo Ireng (kelelawar hitam), Mobil Surya, Ezzy ITS 1 dan Ezzy ITS 2. Rombongan akan konvoi dan mencapai tujuan akhir dalam beberapa hari mendatang. (rfa)

Berita Terkait