ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
07 Mei 2014, 15:05

ITS Borong Juara di KRI Regional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

KRI 2014 melombakan beberapa kategori yang berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk kategori utama, kompetisi robotika nasional tersebut mengusung nama Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dengan tema Taman Bermain Anak Indonesia. Tema tersebut mengadopsi tema kejuaran robotika internasional ABU Robocon 2014 yakni A Salute to the Parenthood.

Untuk kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), panitia mengambil tema Robot Cerdas Pemadam Api. Sedangkan pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), tema yang diambil hampir mirip dengan tahun lalu, yaitu Liga Sepak Bola Robot Humanoid. Kemudian, pada kategori terakhir, yakni Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) mengusung tema Robot Penari Legong Keraton.

Pada KRI babak regional tahun ini, ITS menurunkan kontingen untuk seluruh kategori. Di antaranya RI-NE pada kategori KRAI, ICHIRO untuk KRSBI, serta AL-JAZARI dan UCS-1 yang bertanding pada kelas KRPAI. Selain itu, masih ada V-IU yang secara khusus dipersiapkan untuk mengikuti kategori KRSI. Demikian, seperti dilansir dari ITS Online, Rabu (7/5/2014).

Dari semua kontingen ITS, RI-NE menunjukkan performa paling menawan. Bertanding di kategori utama, robot mahasiswa kampus perjuangan tersebut mengandaskan perlawanan seluruh peserta dengan cukup mudah. Bahkan, pada partai final, RI-NE memperoleh poin tertinggi dalam waktu 1 menit 51 detik serta menggondol penghargaan desain terbaik.

Sementara ICHIRO, tak mampu berbuat banyak setelah ditekuk dengan skor 3-0 oleh EROS-PENS pada partai final. Hasil tersebut sama dengan pencapaian tahun lalu, yakni menjadi runner-up pada babak regional. Meski demikian, ICHIRO masih patut berbangga karena memperoleh penghargaan sebagai tim dengan strategi terbaik.

Sedangkan untuk rekan RI-NE lainnya, V-IU menduduki posisi ketiga pada kategori KRSI. Sementara AL-JAZARI dan UCS-1, menjadi juara harapan kategori KRPAI Beroda dan Berkaki. Dari seluruh prestasi tersebut, ITS menjadi perguruan tinggi dengan trofi terbanyak sehingga menjadi juara umum KRI 2014 regional IV Jawa Timur. (mrg)

Berita Terkait