ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
12 Mei 2014, 14:05

Tak Hanya Teknologi, ITS Unjuk Gigi di Bidang Seni

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Surabaya Fashion Designer Award merupakan sebuah parade penghargaan bagi perancang busana Surabaya. Pada ajang tersebut, terdapat 11 civitas academica ITS yang lolos sebagai finalis.

Dosen pembimbing peserta asal ITS Anggra Ayu Rucitra mengatakan, dari 11 finalis tersebut, sembilan di antaranya masih berstatus mahasiswa aktif. Sedangkan sisanya merupakan alumni yang baru lulus beberapa waktu lalu. ”Bagi saya, pencapaian mereka sudah cukup membanggakan,” ujar Anggra, seperti disitat dari ITS Online, Senin (12/5/2014).

Menurut Dosen Jurusan Desain Produk Industri (Despro) ITS itu, kebanggaan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, untuk lolos sebagai finalis pada kompetisi Surabaya Fashion Designer Award tidaklah mudah.

"Seluruh peserta harus bersaing dengan ratusan peserta lain dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah desain fashion di Surabaya. Dari ratusan peserta tadi, diseleksi menjadi 40 finalis yang sebelas di antaranya dari ITS,” papar wanita berambut panjang itu.

Ke-11 mahasiswa dan alumni yang dimaksud ialah Anizar, Gery, Royyan, Gita, Rima, Widuri, Trivesti, Asyari, Robby, Iris, serta Yani. Rancangan busana mereka nantinya akan direalisasikan dan diperagakan oleh beberapa model untuk fashion show saat babak final. ”Persis seperti fashion show pada umumnya. Model berjalan beriringan di catwalk," tutur Anggra.

Sementara itu, tujuan utama dari partisipasi mahasiswa ITS pada ajang tahunan tersebut ialah untuk turut mengembangkan industri fashion di Indonesia. Selain itu, mereka juga berniat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ITS merupakan kampus dengan keilmuan yang lengkap. Selain teknologi dan sains, seni juga dipelajari di kampus perjuangan.

Terakhir, Anggra berharap perkembangan ilmu fashion dapat terus membaik, terutama di ITS. Meski demikian, dia mengaku cukup prihatin melihat kondisi mata kuliah fashion di Jurusan Despro ITS saat ini.

"Tahun depan mata kuliah tersebut ditiadakan. Semoga saja nanti ada perubahan," harapnya. (mrg)

 

Sumber :: http://kampus.okezone.com/read/2014/05/12/373/983721/tak-hanya-teknologi-its-unjuk-gigi-di-bidang-seni

Berita Terkait