ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
04 Juni 2014, 14:06

Bawa Portofolio, Calon Maba Desain Interior ITS Belum Tentu Lolos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pasalnya, para peserta masih melewati proses verifikasi karya untuk membuktikan bahwa kedua karya itu murni hasil buah tangan pelamar. Menurut Ketua Tim Verifikator JDI ITS Mahendra Wardhana, kegiatan ini sangat penting dilakukan guna menunjukkan keaslian karya calon mahasiswa.

Maka, lanjutnya, proses tersebut berupa tes menggambar ulang yang sama seperti karya yang telah dikirim sebelumnya. Dari tes yang dikerjakan, kata Mahendra, tim verifikator jurusanya pun langsung bisa mengamati dan menilai keaslian gambarnya.

"Dengan melihat cara peserta menarik garis, mengarsir dan menggambar bentuk, pihaknya bisa menilai peserta tersebut lolos atau tidak. Kami menilainya secara bersama. Ada lima dosen yang tergabung bersama tim," ujar Mahendra, seperti dikutip dari ITS Online, Rabu (4/6/2014).

Dari tes itu juga, seluruh peserta yang mengikuti verifikasi dinyatakan lolos. Meskipun ada satu peserta yang belum bisa hadir, dia optimistis hasil penilaian tersebut sesuai dengan harapan timnya. "Alhamdulillah, dari 29 peserta yang hadir, semuanya lulus. Satu yang tidak hadir kami belum tahu apa alasanya," paparnya.

Sementara itu, kegiatan verifikasi portofolio karya pada hari ini juga diikuiti oleh Jurusan Desain Produk Industri (Despro) ITS. Ketua Tim Verifikator Despro ITS Sabar mengungkap, kali ini kegiatan verifikasi sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu terdapat pada media yang digunakan peserta dalam membuat karyanya.

”Tahun ini ditentukan hanya tiga karya yang bisa dikirim, yakni karya wajib pertama yang berupa gambar bentuk, karya wajib kedua yang berupa gambar suasana, dan terakhir berupa karya tambahan sesuai dengan kesukaan peserta. Ini lebih sederhana, dibandingkan tahun lalu. Bahkan ada yang sampai mengirimkan delapan karya tiap anaknya itu," ungkap Sabar.

Selain itu, perbedaan jadwal verifikasi yang dilakukan tahun ini dengan tahun lalu turut mempengaruhi penilaian para verifikator. Tahun ini verifikasi dilakukan sebelum jadwal daftar ulang digelar, sehingga surat kelolosan verifikasi portofolio yang diterima hari ini akan bisa dipakai untuk daftar ulang pada keesokan harinya.

"Tahun lalu berbeda, daftar ulang dahulu, sehingga pada saat verifikasi sebisa mungkin kami harus meloloskan semua peserta," urai Sekeretaris Jurusan Despro ITS tersebut.

Sabar menambahkan, hasil verfikasi akan langsung diumumkan sore hari setelah tes. Dari 75 peserta yang mengikuti verifikasi portofolio karya dihasilkan 40 peserta yang dinyatakan tidak lolos.

”Mereka yang dinyatakan belum lulus tersebut dianjurkan untuk melakukan banding ke pihak Rektorat ITS,” tutup Sabar. (ade)

Berita Terkait