ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
20 Agustus 2014, 13:08

ITS Sumbang 800 Mahasiswa Untuk Olimpiade Sains

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Perhelatan akbar yang cukup bergengsi di kalangan mahasiswa ini disosialisasikan melalui video conference dengan Ditjen Dikti Kemdikbud secara serentak di beberapa PTN, salah satunya di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (20/8).

Dalam video conference ini, Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA mengungkapkan bahwa regional Jawa Timur yang dikoordinasi oleh ITS akan menyumbangkan 800 orang peserta. Regional ini meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur seperti Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Jember (Unej), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Sedangkan untuk regional Malang dikoordinasi oleh Universitas Brawijaya (UB).

Tri Yogi  mengimbau agar gaung promosi oleh panitia pusat lebih ditingkatkan lagi terkait pelaksanaan OSN 2014 yang akan dilaksanakan pada 25 September mendatang. “Promosi kegiatan ini mungkin bisa lebih gencar dilakukan melalui media elektronik maupun cetak,” sarannya. Target jumlah pendaftar OSN  ini juga meningkat dari tahun lalu sebesar 600 peserta menjadi 800 peserta.

Dalam video conference ini,  Dirjen Dikti Prof Djoko Santoso kembali mengingatkan para perguruan tinggi agar terus mengkoordinasi panitia dalam OSN ini. Diharapkan agar para petinggi PT bersedia membantu untuk memberi informasi ke masyarakat mengenai olimpiade ini. Total target jumlah peserta yang mendaftar  OSN ini adalah 25.000 peserta.

“Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, dan semoga dapat memenuhi target,” ujarnya.

Dalam OSN Pertamina ini terdapat dua kategori lomba, yakni kompetisi Teori dan Project Sains. Kompetisi Teori meliputi OSN di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan Project Sains bisa meliputi rancang bangun instrumen, aplikasi perangkat lunak dan lain-lain.

Dekan FMIPA ITS yang ditunjuk sebagai koordinator panitia regional Jawa Timur, Prof Dr R Y Perry Burhan MSc mengungkapkan, sejauh ini terdapat 100 peserta yang telah mendaftarkan diri dalam OSN-PTI ini. Panitia dari ITS akan mulai meningkatkan kembali dalam hal publikasi di ITS dan PT yang berada di regionalnya.

Perry mengungkapkan bahwa peserta OSN ini tidak harus dari FMIPA, jurusan lain pun bisa mengikuti lomba ini. Ia berharap tahun ini ITS dapat memiliki juara di masing-masing bidang yang dilombakan dalam OSN ini. “Tahun lalu ITS menjadi juara 1 bidang Matematika dan juara 3 bidang Kimia,” ungkapnya. (SK1)

Berita Terkait