ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
22 Agustus 2014, 15:08

ITS Siap Sabet Juara Dunia Abu Robocon 2014

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut salah satu anggota tim RINE, Andra Risciawan, timnya memasang target tinggi dalam Abu Robocon 2014. "Kami menargetkan dapat meraih  juara satu atau gelar Grand Prix," kata Andra, seperti dinukil dari laman ITS, Jumat (21/8/2014).

Tim RINE pun sudah memetakan lawan terberat mereka. Andra mengaku, Vietnam, Thailand dan Jepang menjadi kompetitor utama karena sering menjuarai kontes robot internasional. Bahkan, Vietnam dianggapnya sebagai lawan paling tangguh karena mampu menyelesaikan semua tugas (shaabash) dengan catatan waktu yang sama yakni 45 detik. Sementara itu, Thailand dan Jepang membutuhkan waktu minimal 50 detik.

Andra dan kawan-kawannya berangkat ke India kemarin. Begitu tiba di Negeri Bollywood, mereka harus langsung mempelajari dua lapangan yang akan dipakai latihan dan bertanding. Mereka berencana membongkar robot pada 23 Agustus dan sesegera mungkin mengadaptasikan robot dengan lapangan.

"Kami juga mengkhawatirkan kondisi robot yang lama tidak digunakan selama pemaketan ke India sejak 20 Juli lalu. Mesin itu seharusnya setiap hari dipakai. Kalau robot ini, kami takut ada yang lepas," imbuhnya.

Target juara pertama dirasa Andra tidak muluk-muluk mengingat menjelang keberangkatan ke India, kata Andra, tim RINE mempersiapkan banyak hal. Persiapan tersebut terutama pada optimasi dan penyempurnaan robot yang akan bertanding.  Andra menyebut, tim juga mengganti mekanisme manual ke otomatis seutuhnya pada beberapa bagian seperti capit robot, mengganti tali robot menjadi pneumatik sebagai pengungkit robot, dan otomasi kaki robot.

"Kami juga mengganti sabuk robot karena sudah lama digunakan dan  bagian-bagian yang bengkok karena jatuh waktu lomba kemarin serta menambah pengarah capit robot," tuturnya.

Menurut Andra, semua persiapan sudah maksimal; baik dari segi program maupun mekanik robot. Bahkan, mereka juga membawa cadangan komponen sebagai persiapan jika ada yang rusak. (rfa)

Berita Terkait