ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
25 Agustus 2014, 15:08

Robot RINE ITS Raih Prestasi di India

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Robot ITS yang diberi nama RINE berjaya di kontes robot Abu Robocon 2014 yang berlangsung di Pune, India. Dalam ajang tersebut, ITS berhasil meraih 2nd runner up dan best engineering award.

Setelah berhasil menjadi pemenang grup pada babak penyisihan awal, RINE pun kembali harus berjuang di babak quarter final. Menurut salah seorang anggota tim, Irfan Fachrudin Priyanta, pada perempat final, ITS harus berhadapan dengan tim asal Malaysia.

"Ketegangan pun terjadi pada babak ini dikarenakan kekuatan robot RINE dengan lawannya bisa dikatakan cukup seimbang. Meski begitu, lagi-lagi RINE dapat mempertahankan kestabilan kecepatannya. Hal inilah yang membuat RINE kembali ditetapkan sebagai pemenang pada babak quarter final ini," ujar Irfan, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (25/8/2014).

Berhasil lolos perempat final, Indonesia pun kembali mendapat lawan yang tidak kalah tangguh, yaitu tim asal Vietnam. Irfan menjelaskan, Vietnam merupakan juara dunia yang pernah mengalahkan tim Indonesia pada kontes robot di Hongkong dua tahun silam.

Irfan mengaku sempat ragu RINE bisa menyaingi robot buatan negara Vietnam itu. Dugaan Irfan terbukti ketika di akhir pertandingan, robot RINE bergerak lebih lambat dibandingkan robot buatan Vietnam.

"Ketika kecepatannya dihitung, kami kalah dua detik dengan Vietnam. Di sinilah kami menyadari bahwa dua detik adalah waktu yang sangat berarti," ungkapnya. (faj)

Berita Terkait