ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
25 September 2014, 10:09

Pertamina Beri Hibah Mobil Listrik ke Enam PTN

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Keenam mobil listrik tersebut diserahkan kepada enam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Universitas Brawijaya (UB) Malang, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Riau (Unri), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Keenam mobil listrik tersebut secara keseluruhan akan segera diserahkan.

Salah satunya dipersembahkan secara simbolis oleh Dirut Pertamina Karen Agustiawan di Balairung UI. Karen menyerahkan mobil listrik dalam acara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina sambil menjajal memutar kampus UI.

Mobil yang dinamakan Electric Executive Luxury Car atau mobil listrik tersebut diberikan Pertamina sebagai mobil yang ramah lingkungan. Hal itu merupakan salah satu program CSR Pertamina sebagai tindak lanjut program Pengembangan Mobil Listrik oleh Kementerian BUMN.

"Dalam rangka upaya mendukung pengembangan kapasitas nasional, mendukung produksi alat transportasi yang ramah lingkungan, dan tidak bergantung pada energi fosil yang tak terbarukan," ungkap Karen di Balairung UI, Kamis (25/9/2014).

Rektor UI Muhammad Anis menambahkan pengembangan mobil listrik tersebut sejalan dengan tekad UI sebagai Green Campus. Hal itu, lanjutnya, juga dapat memacu mahasiswa untuk melakukan penelitian.

"Program jangka panjang kami dalam menjadi Green Campus serta memperkuat penelitian mahasiswa. Kami mengapresiasi langkah Pertamina," ujar Anis. (mrg)

Berita Terkait