ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
27 September 2014, 10:09

Berkat EVEGS ITS, SD Klampis Ngasem Raih Adiwiyata

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tidak tinggal diam, lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menghasilkan program untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dalam hal ini pencemaran air. Kelima mahasiswa itu ialah Suci R Trisnawati, Okki Anugrah Putra, Titis Wahyu Pratiwi, Bima Krida Pamungkas, dan Fransisca Adelina Dian.

Program edukasi itu mereka kemas dalam bentuk Environmental Education Games (EVEGS) : Permainan Berbasis Pendidikan Lingkungan dengan Water Tretament Concept sebagai Media Menuju Education for Sustainable Development (ESD). Para siswa SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya menjadi target Suci dan kawan-kawan untuk menanamkan karakter cinta lingkungan dengan konsep pengelolaan air.

Konsep pendidikan lingkungan yang mereka ciptakan dilandasi tiga tujuan utama, yaitu pemahaman, pembentukan karakter, serta merangsang kepedulian dan kepekaan. Konsep tersebut diimplementasikan melalui kegiatan pemahaman tentang perilaku hemat air, kegiatan cerdas cermat, permainan water heroes, serta simulasi pembuatan instalasi pengolahan air sederhana.

"Di akhir program, para siswa diminta mempresentasikan ilmu yang mereka peroleh kepada Komunitas Water Heroes. Komunitas ini dibentuk sebagai keberlanjutan dari Program EVEGS. Agar wawasan serta karakter cinta lingkungan dapat tersalurkan kepada siswa-siswi SD lainnya di Surabaya,” ujar Suci, seperti dilansir dari ITS Online, Sabtu (27/9/2014).

Program EVEGS yang diterapkan oleh SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya ternyata mendapat apresiasi dari pemerintah. Kementerian Lingkungan Hidup menghadiahkan penghargaan Adiwiyata sebagai sekolah yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.

”Penghargaan ini pertama kalinya diraih SDN Klampis Ngasem 1. Kami langsung ditelepon kepala sekolah waktu di Semarang,” kenang mahasiswi Jurusan Teknik Sipil itu.

Tidak hanya mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup, program EVEGS karya lima sekawan itu juga meraih juara dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVII. Mereka berhasil menyumbangkan medali emas bagi ITS untuk kategori Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM). (mrg)

Berita Terkait