ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
06 Oktober 2014, 15:10

ITS Gelar Pengobatan Gratis Untuk Penghuni Liponsos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan ini sebagai rangkaian acara Dies Natalis ITS ke 54.  "ITS akan melakukan Bakti Sosial ke Liponsos Surabaya bekerjasama dgn Medical Center ITS di Liposos Keputih," kata Indah Tri Sukmawati, Humas ITS.

Dalam Bakti Sosial ini, akan dilakukan cek kesehatan dan pengobatan gratis untuk 100 orang.  Juga pemberian makanan berupa snack untuk semua penghuni Liponsos (1.386 orang). Serta pemberian baju layak pakai dan baru untuk penghuni Liponsos (sekitar 40 kardus).

Berdasarkan data Liponsos Keputih pada bulan Juni 2014 bahwa penghuni Liponsos sebanyak kurang lebih 1.350 orang yang terdiri dari orang dengan gangguan kejiwaan, gelandangan, dan anak jalanan. Banyak sekali dari mereka yang masih kekurangan pakaian, pada umumnya mengandalkan bantuan dari donatur.

Kapasitas Liponsos sebenarnya hanya untuk 500 orang, namun dari hasil penjaringan Dinas Sosial di jalanan banyak sekali orang yang mempunyai gangguan jiwa atau gelandangan yang tidak mempunyai tempat tinggal atau tidak diketahui keluarganya yang ditempatkan di Liponsos mengakibatkan jumlah penghuni Liponsos melebih kapasitas sesungguhnya.

"Kalau kita lihat memang jumlah orang gangguan jiwa atau gelandangan di jalanan kota Surabaya sudah sangat berkurang, hal ini karena hasil kerja dinas sosial yang membawa mereka ke Liponsos," kata Indah

Dan penghuni Liponsos ternyata sebagian besar bukan warga surabaya bahkan ada yang dari luar Jawa Timur. Data terakhir jumlah penghuni sudah mencapai 1.386 (Jadi dalam waktu 3 bulan ada penambahan sekitar 36 orang).(SK2)

Berita Terkait