ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
10 Oktober 2014, 16:10

ITS Gelar Kontes Mobil Hemat Energi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Peserta IEMC 2014 ini adalah mahasiswa S1 dan/atau D3 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang telah lolos seleksi. Perlombaan akan dilaksanakan di Sirkuit Kenjeran, Surabaya pada tanggal 16-19 Oktober 2014.

Menurut Indah Tri Sukmawati, Humas ITS, IEMC 2014 ini merupakan penyelanggaraan kali ketiga sejak tahun 2012. Kontes ini diselenggarakan oleh ITS Surabaya sebagai tuan rumah yang telah ditunjuk oleh pihak Dikti Kemdikbud. Pada tahun ini ada 70 tim dari seluruh perguruan tinggi dari Indonesia. Tim yang terdaftar terbagi atas menjadi 2 kategori yaitu prototype dan urban concept. Tiap kategori sendiri dibagi menjadi 4 kelas bahan bakar yaitu bensin, diesel, listrik dan etanol.

IEMC 2014 mengangkat tema Innovate and Inspire. Diharapkan pada kompetisi ini menjadi ajang yang mewadahi minat bakat serta kreatifitas mahasiswa dalam berinovasi mendesain mobil yang hemat energi dan juga ramah lingkungan. Karya mobil sejumlah 70 buah ini nantinya juga diharapkan akan menginspirasi masyarakat umum terutama pemuda dalam berkarya.

Selain nantinya akan ada kegiatan racing pada IEMC 2014, juga banyak terdapat banyak kegiatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pertama, opening ceremony yang akan dilaksanakan tanggal 16 Oktober 2014 jam 08.00 pagi di Sirkuit Kenjeran. Selain itu juga pada saat racing, orang umum bisa mengikuti kegiatan photo contest maupun tour session. Untuk peserta, selain kompetisi on-track juga terdapat kompetisi off-track yaitu Best Team, Best Video, dan Best Design.

"Untuk hari terakhir tanggal 19 Oktober 2014 jam 18.30 di Gedung Robotika ITS akan dilaksanakan Closing Ceremony yang dibuka secara umum. Pada closing ceremony, akan terdapat vehicle exhibition serta para pengisi acara yang akan menghibur anda semua," kata Indah. (SK2)

Berita Terkait