ITS News

Senin, 02 September 2024
01 Februari 2015, 10:02

Mahasiswa Harus Suka Baca

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Banyak media yang bisa menjembatani diri kita dengan jendela ilmu pengetahuan seperti melalui buku, buletin, koran, majalah atau pun e-book. Adapun untuk menumbuhkan rasa kesadaran mahasiswa tentang pentingnya membaca tulisan harus dibuat dengan cara-cara yang sederhana.

Banyak juga faktor yang mempengaruhi kesadaran seseorang dalam membaca. Misalnya saja cara penulisan buku, sang penulis seharusnya bisa membuat karya yang menarik dan tidak bertele-tele, menggunakan bahasa yang santai, dan tentunya enak dibaca. Selain itu, buku tersebut disajikan dengan perpaduan menarik mulai dari sampul yang menarik, disertai beberapa gambar yang menarik, agar tidak terkesan hanya penuh dengan tulisan saja.

Faktor lain adalah niat membaca dari para mahasiswa, tak hanya cukup dengan niat saja, ada beberapa tips untuk mendorong minat baca dengan cara yang sederhana. Di antaranya membangun motivasi pada diri sendiri. Dalam hal ini, untuk menjadi pribadi yang gemar membaca, motivasi dari diri sendiri amatlah penting. Tanamkan pada diri sendiri bahwa dengan membaca buku akan mempertajam pemikiran, memperluas kosa kata, menambah kreativitas, melatih imajinasi, dan tentunya dapat menemukan pelajaran baru.

Selanjutnya adalah dimulai dari jenis buku yang disukai. Membaca tidaklah harus dimulai dari bahan bacaan yang berat. Kita bisa memulainya dengan jenis bacaan yang kita minati terlebih dahulu. Bisa dimulai dari membaca komik, novel, kemudian beralih ke buku-buku praktis, lalu berlanjut ke buku motivasi diri. Jika dilatih seperti itu, bukan mustahil kita akan terbiasa membaca dan tertarik dengan buku-buku yang berat seperti buku politik dan lain sebagainya.

Lalu, rencanakanlah waktu untuk membaca. Akan jauh lebih baik jika kita memiliki rencana dalam membaca buku. Tetapkan waktu yang tepat untuk membaca buku, sambil menyesuaikan dengan jenis buku dan daya serap kita. Adapun perihal kesibukan terhadap organisasi, tugas, ujian, dan aktivitas lainnya jangan sampai menyurutkan semangat untuk membaca.

Tips lainnya adalah menarget buku mana saja yang hendak dibaca. Misalnya, pada bulan ini kita harus menamatkan satu buah buku dan usahakan terus berkomitmen melakukannya pada bulan berikutnya. Maka, hobi membaca buku pun akan melekat pada diri kita dan pasti bermanfaat di kemudian hari.

Proses tersebut juga boleh dilakukan secara perlahan. Artinya, meskipun membaca buku merupakan aktivitas yang baik, akan tetapi juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Misalnya, ketika semangat membaca kita tumbuh dan kita langsung membabat habis bacaan tersebut sampai lupa waktu dan banyak hal penting yang tertunda. Hal seperti itu akan membuat kita cepat merasa bosan dalam membaca. Sebaiknya, lakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru agar kualitas membaca kita juga semakin meningkat.

Terakhir, manfaatkanlah sarana yang ada. Kita bisa membaca dengan memanfaatkan sarana yang ada seperti perpustakaan umum dan taman baca di sekitar kita. Ada hal yang lebih praktis saat ini, dengan membuka komputer atau internet saja, anda bisa menikmati buku digital dan membaca berita dengan membuka situs-situs di internet.

Pepatah mengatakan untuk melihat dunia kita bisa melihatnya melalui membaca tulisan, dengan rajin membaca kita akan menjadi pribadi yang sukses dan kita dapat mengembangkan diri sendiri ketika sedang berada pada kondisi low motivation. Namun, sebagai pembaca yang cerdas pilihlah bacaan yang positif dan menguntungkan, jangan membaca tulisan yang isinya negatif, karena dengan membaca tulisan seseorang bisa mencuci otak manusia.

Nurul Lailatul Muzayadah

Mahasiswa Jurusan Teknik Material dan Metalurgi

Angkatan 2013

Berita Terkait

ITS Media Center > Opini > Mahasiswa Harus Suka Baca