ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
04 Januari 2016, 15:01

Jurus Jitu ITS Hadapi MEA

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sedangkan Rektor ITS, Profesor Joni Hermana M.Sc, E.S, Ph.D, berpendapat kehadiran MEA patut disikapi dengan bijaksana. Sebab, jangan sampai anak bangsa tak bisa bersaing di negeri sendiri.

ITS, kata Joni, sudah memiliki empat jurusan yang terakreditas ASEAN University Network (AUN). Dia menuturkan, akreditasi institut secara internasional tersebut menjadi salah satu langkah strategis ITS supaya kampusnya bisa disejajarkan dengan universitas lain yang ada di ASEAN.

Pria yang meraih gelar S-3 di Inggris ini menjelaskan, ITS yang sudah dinobatkan sebagai perguruan tinggi badan hukum (PTN-BH) dituntut untuk masuk jajaran universitas kelas dunia. Namun, cita-cita itu masih mengalami kendala lantaran keterbatasan biaya, khususnya dalam melakukan penelitian.

"ITS pun dituntut melakukan inovasi dan kreativitas menghadapi tantangan tersebut. Kita berusaha melakukan kolaborasi riset dengan universitas luar negeri. Jadi, kita mengusulkan ide dan mereka membantu melakukan penelitian," paparnya.

Selain langkah kolaborasi, Joni juga mendorong para mahasiswa untuk memersiapkan diri, salah satunya mengikuti sertifikasi profesi insinyur yang sedang digarap Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

"Mahasiswa juga harus membekali diri dengan attitude dan soft skill yang baik, termasuk kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. Caranya, banyak berinteraksi dengan mahasiswa asing, maupun mengikuti seminar dan kegiatan sosial. Kegiatan kaderisasi juga harus mendukung hal ini," ucap pria kelahiran Bandung tersebut.

Joni menambahkan, ITS telah banyak bekerja sama dengan institusi asing demi menjalankan beberapa program pertukaran pelajar dan double degree. "Dengan program double degree, mahasiswa tetap dapat memperoleh kualitas pendidikan yang baik meski dengan sarana terbatas," tukasnya. (ira)

 

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/01/04/65/1280061/jurus-jitu-its-hadapi-mea

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Jurus Jitu ITS Hadapi MEA