ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
14 Januari 2016, 13:01

Penyapu Danau Otomatis dari ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

WCR merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi sampah yang masuk ke permukaan kolam. Alat tersebut bekerja dengan menggunakan sensor inframerah.

"Sensor infrared ini kemudian dikonversikan menjadi sinyal untuk menggerakkan swiper atau penyapu," ungkap salah satu anggota tim, Arsyad seperti dinukil dari laman ITS, Kamis (14/1/2016).

Arsyad dan timnya merasa gelisah dengan keadaan danau di ITS yang kurang terawat. Selain itu banyak juga yang belum menyadari mengenai pentingnya kebersihan.

"Danau di ITS kurang sedap dipandang lantaran banyaknya sampah menggenang di atasnya. Ini karena banyak yang belum sadar kebersihan," ujarnya.

Alat ciptaannya dilengkapi tiga swiper. Masing-masing swiper tersebut memiliki fungsi menyapu atau mengarahkan sampah ke pembuangan sampah.

"Swiper utama berada di tengah dan berfungsi menyapu atau mengarahkan sampah ke swiper lain di pojok alat. Swiper lain inilah yang berfungsi untuk mengarahkan sampah menuju swiper pembuang. Nantinya sampah yang terkumpul di tepi kolam akan diangkat serta dibuang ke luar kolam secara otomatis," paparnya.

Mekanisme pembuangan itulah, kata Arsyad, yang menjadi keunggulan alat ciptaannya tersebut. Mereka sendiri berencana untuk bisa mematenkan alat tersebut sebelum akhirnya nanti dikomersilkan.

Meski demikian, Arsyad mengakui, alat WCR mereka juga masih memiliki kekurangan. Salah satunya karena komponennya yang belum bekerja secara maksimal.

”Tapi kami tetap akan berusaha mengembangkan alat ini agar siap dikomersilkan," tambahnya. (afr)

 

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/01/14/65/1287803/penyapu-danau-otomatis-dari-its

Berita Terkait