ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
11 Juli 2017, 10:07

Mahasiswa ITS Manfaatkan Ubi Porang Bernilai Tinggi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Adalah Sekar Bias Tri Cahyani, Tambroni Ali Bustomi, Prayogo Kuntoro, dan Dini Pertiwi yang menginisiasi ide bisnis ini.  Menurut Ali, melimpahnya jumlah Ubi porang di Jawa Timur merupakan peluang bisnis yang besar. Setelah melewati penelitian selama lima bulan, akhirnya produk tepung Ubi porang pun terealisasi dan siap untuk dipasarkan.

Proses pengolahan Ubi porang menjadi tepung sepenuhnya melalui proses fisik, sehingga produk ini terbebas dari bahan kimia. "Dengan hanya mengandalkan proses fisik, tepung ini benar-benar masih sangat alami," ujar Ali. Adapun proses fisik yang dilakukan dengan menghancurkan, mengayak, serta menyaring dengan ekstraksi dan enzimatis.
Menurut Ali, tepung Ubi porang ini memiliki kelebihan dibanding produk lain dikarenakan memiliki kandungan glukomanan. Glukomanan sendiri dikenal sebagai senyawa yang sangat dibutuhkan dalam hampir semua produk pangan. Selain itu glukomanan ini bisa menggantikan peran gluten yang terdapat pada terigu pada umumnya. "Glukomanan ini memiliki kekuatan empat kali gluten," ujar mahasiswa Departemen Teknik Kimia tersebut.
Tepung dengan bentuk fisik berwarna putih ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan jelly, puding, mie, bahkan sosis atau nuged. Selain memiliki banyak manfaat, tepung ini juga meningkatkan nilai ekonomis dari Ubi porang yang hanya bekisar Rp 2.500/kg. Menurut Ali, dengan tepung dengan kadar glukomanan 59,6 persen olahan Ubi porang ini bisa mencapai Rp 350.000/kg. "Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat besar," tukas Ali.
Melalui PKM ini Ali beserta ketiga rekannya mencoba untuk memasarkan produk tepung Ubi porang secara online, baik melalui website resmi maupun media sosial facebook. Tidak hanya berhenti disitu, Ali berharap kedepannya ia bersama rekan-rekannya dapat menjalin kerjasama dengan indsutri terkait serta dapat menciptakan produk sekunder dari tepung Ubi porang ini. (mik/hil)

Berita Terkait