ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
09 Agustus 2017, 08:08

ITS-NTUST Siapkan Pengolahan Air di Lebak Rejo

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kerjasama antara perguruan tinggi ternama Indonesia dan Taiwan ini telah berlangsung sejak lama. Wakil Rektor bidang Penelitian, Inovasi, dan Kerjasama, Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc menerangkan, ITS telah mengirim mahasiswa atau dosennya ke NTUST untuk belajar. Lain halnya dengan kegiatan kali ini.

"Ini merupakan kali pertama NTUST mengirim mahasiswanya kemari," terang Ketut Buda tersenyum. Sedangkan Idaa Warmadewanthi ST MT PhD, dosen Teknik Lingkungan alumnus NTUST yang menginisiasi hal ini  ingin agar mahasiswa ITS dan NTUST dapat saling berbagi ilmu.

Mahasiswa NTUST yang terlibat dalam proyek berharap, teknologi pengolahan air di Taiwan dapat diterapkan pula di Indonesia. Proyek ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu sekaligus pengabdian masyarakat dari ITS dan NTUST.

Lo Wen Wan, peserta yang akrab dipanggil Wayne menjelaskan bahwa hampir setiap rumah di Negeri Formosa memiliki pengolahan air sendiri. Artinya, air limbah rumah tangga  di Taiwan dapat dimanfaatkan kembali. Alat pengolahan air yang digunakan menggunakan teknik Reverse Osmosis. Terdapat selaput yang menjadi pembatas antara dua tangki air kotor dan air bersih.

"Selaput ini berguna sebagai filter. Kami memanfaatkan perbedaan tekanan antara kedua tangki," tutur Wayne. Ia menjelaskan, tangki yang berisi air kotor diberi tekanan rendah kemudian didorong dengan pompa. Air ini akan melewati filter, dan masuk ke tangki air bersih yang bertekanan tinggi.

Dalam mengerjakan proyek, ke-13 mahasiswa NTUST ini dibantu oleh delapan Mahasiswa ITS dan fasilitator. Kegiatan ini telah direncanakan dengan rapi sebelumnya.

Telah dilakukan tahap pre-onsite atau rapat secara maya antara ITS dengan NTUST. ITS telah menyiapkan proyek ini dengan melibatkan lima departemen, yaitu Departemen Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. (nov/dza)

Berita Terkait