ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
11 Agustus 2017, 09:08

Darurat Perubahan Iklim, ITS Gandeng UMT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS dan UMT memang terkenal unggul dalam bidang kemaritiman. ITS telah terkenal dengan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK). Adapun empat departemen yang berada dibawah naungan FTK ITS diantaranya adalah Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Sistem perkapalan, dan Transportasi laut. Demikian pula UMT yang terkenal sebagai Pusat Perikanan dan Sains Samudera.

Dibalik gelar tersebut, ada tanggung jawab besar yang harus di emban, termasuk masalah perubahan iklim. Sebab perubahan iklim erat kaitannya dengan dunia maritim. "Sebetulnya CTI-CFF ingin mengimplementasikan beberapa programnya, salah satunya berkaitan dengan masalah perubahan iklim. Penelitian tersebut membutuhkan kerja sama dengan pihak akademisi, dalam hal ini mereka mendorong UMT dan ITS untuk bekerja sama," terang Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.
Meski demikian, Joni menekankan bahwa proposal ini bisa saja mencakup hal yang lebih luas daripada peruabahan iklim. "Bisa jadi akan ada program pertukaran peneliti, pelajar, dan program program lain sebagai bagian dari proyek. Tetapi inti utamanya adalah mengkaji sebuah masalah dengan metode ilmiah," terang Joni.
Joni berharap kerja sama ini akan menjadi semacam pilot project yang berhasil diimplementasikan, sehingga ITS turut berperan dalam membantu pemerintah, bukan hanya Indonesia, namun juga Asia.
Senada dengan Joni, Dekan Teknik Kelautan UMT Prof Ahmad Bin Jusoh berharap hubungan kerja sama anatar ITS dengan UMT akan semakin erat, terutama dalam bidang riset antara kedua universitas. "ITS sudah begitu berpengalaman dalam bidang maritim, terutama Teknik Kelautan, sedangkan UMT masih baru. Dengan adanya kerja sama ini kami berharap mendapatkan bimbingan dan dukungan dari ITS, misalnya dengan mengadakan pertukaran tenaga pelajar maupun mahasiswa," terangnya.(qi)

Berita Terkait