ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
21 Agustus 2017, 11:08

Hermawan Kertajaya Ajarkan Konsep Pengembangan Diri

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pria yang mengaku sempat menempuh pendidikan di Teknik Elektro ITS ini, memulai materi dengan menjelaskan mengenai Positioning, Differentiating, dan Branding (PDB). PDB adalah hal penting bagi setiap orang untuk ditanamkan dalam konsep pengembangan demi karir masa depan nanti.

"Bagaimana kita memposisikan diri, bagaimana orang menilai kita berbeda, dan bagaimana kita menjual diri adalah konsep yang harus dipertimbangkan," terangnya.

Untuk memiliki PDB, ada empat moral yang harus dibangun. Moral yang pertama yaitu profesionalisme. "Sebagai perguruan tinggi, ITS tentu menyediakan wadah pengembangan seperti organisasi. Dengan aktif berorganisasi, moral profesional terbangun dengan sendirinya," ujarnya mengingatkan.

Moral selanjutnya adalah produktif. Hermawan mengatakan, aktif berbeda dengan produktif. Melihat dari pengalamannya, mahasiswa yang aktif berorganisasi cenderung tidak produktif. Produk adalah tentang seorang mahasiswa yang mampu berkarya, berprestasi, dan bermanfaat.

"Setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam, tetapi  mengapa ada mahasiswa yang memiliki prestasi berbeda? Itu karena mereka lebih produktif. Berkacalah," tegasnya dengan nada sedikit menyindir.

Sedang moral ketiga adalah kreatif, dan moral terakhir adalah mental pengusaha. Menurut Hermawan, kedua moral ini adalah moral yang paling jelas untuk memberi label pada diri sendiri.  "Moral ini adalah moral pembeda dari setiap orang," ucapnya. (nov/ven)

Berita Terkait