ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
25 Agustus 2017, 06:08

Luncurkan SAS V, ITS Siap Berlaga di Jepang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Keikutsertaan SAS V dalam ajang ajang tahunan terbesar bagi mahasiswa pecinta industri otomotif di Asia ini memang patut diacungi jempol. Tak tanggung-tanggung, di tahun pertama kepesertaan, SAS telah menyabet penghargaan pendatang baru terbaik atau Best Rookie Award 2013. Peringkat tim andalan Indonesia inipun terus meningkat setiap tahunnya.

Hal ini diamini oleh Dr Ir Atok Setiawan MEngSc selaku pembimbing ITS Team Sapuangin. "Kami berhasil mencapai peringkat 52 di tahun kedua dan peringkat 49 di tahun kedua kepesertaan," ungkap Atok. Berbekal kerja keras seluruh anggota tim, tak ayal di tahun 2016 SAS IV berhasil menduduki peringkat 27 di tahun 2016. Melambungkan nama ITS dan Indonesia sejajar dengan tim-tim papan atas.

Tim yang beranggotakan puluhan mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin, Teknik Fisika, serta Teknik Material ini optimis dapat meraih hasil terbaik. "Setelah melakukan evaluasi selama setengah tahun, kami memutuskan merombak total mobil balap ini," ungkap Annas Fauzy, manajer ITS Team Sapuangin 2016/2017.

Mahasiswa yang tengah menjalani perkuliahan tahun keempat ini juga menerangkan bahwa evaluasi tersebut diantaranya dari sisi engine performance dan body design. Dengan perubahan itu, SAS digadang-gadang akan menorehkan prestasi yang jauh lebih mengesankan. "Target kami masuk sepuluh besar," tegas Annas.

Peluncuran SAS V ini juga turut dihadiri oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, General Manager PT Pertamina Lubricants, Ir Herman M Zaini, Drs Zaenal Arifin MSi, Ketua IKOMA ITS, Mantan Menteri Pendidikan RI, Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh DEA, serta perwakilan dari Pemerintah Kota Surabaya.(saa)

Berita Terkait