ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
26 Agustus 2017, 03:08

Hari Kedua Pimnas, ITS Tampil Lebih Baik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ir Josaphat Pramudijanto MEng, salah satu dosen penalaran ITS mengatakan bahwa presentasi yang sudah diikuti oleh tim ITS sejauh ini berjalan dengan lancar. "Saya lihat semangat mahasiswa untuk presentasi tetap terjaga hingga hari kedua," ucap dosen Departemen Teknik Elektro tersebut.

Menurutnya, secara umum mahasiswa ITS berhasil mengimplementasikan segala tips trik yang dibekali ketika persiapan Pimnas. "Sembilan puluh persen mereka sudah melakukan apa saja yang kita arahkan seperti cara menyajikan presentasi dan tanya jawab," jelasnya.

Kelemahan dari peserta ITS ialah mudah terbawa emosi secara objektif. Ada beberapa anak yang terkesan mendominasi dalam menjawab pertanyaan juri sampai menjawab pertanyaan cukup lama. "Sebenarnya sejak awal sudah di plot tiap orang untuk menjawab pertanyaan juri sebagai nilai kerjasama tim," terangnya.

Pria yang ahli dalam bidang teknik sistem pengaturan ini melanjutkan  kemampuan peserta dalam  menjawab pertanyaan pun tidak kalah baik. Semua pertanyaan dari juri dapat dijawab dengan baik karena sudah dihadapkan dengan prediksi pertanyaan sejak bimbingan komunal hingga klinik yang diadakan di tempat penginapan.

Meskipun begitu, tetap saja ada pertanyaan yang cukup menohok, pertanyaan yang memang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, hingga membuat mahasiswa sempat kelabakan dalam menjawab. "Syukurnya sudah kami bekali trik untuk menjawab pertanyaan sulit jadinya dapat dijawab, meskipun hanya sebatas kemampuan mereka," tuturnya.

Hari kedua ini dipastikan, ITS tampil lebih baik dari tim sebelumnya. "Tim yang presentasi hari ini sudah berlatih sangat keras hingga tadi pagi dan sudah dibekali strategi dalam menjawab pertanyaan juri karena sudah kami prediksi pertanyaan seperti apa yang akan dihadapi berkaca dari pertanyan hari pertama," ucapnya.

 "Sekarang kita tinggal berdoa agar diberikan yang terbaik. Pengalaman saya selalu ada kejutan-kejutan tak terduga yang diperoleh ITS," tutupnya.(jel/ven) 

Berita Terkait