ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
26 Agustus 2017, 01:08

ITS Edukasi Pentingnya Kendaraan Listrik Sejak Dini

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bocah bocah mungil ini tampak bersemangat ketika Tim Riset PUI SKO memperkenalkan satu persatu karya  mereka. Dengan ceria, mereka menyimak penjelasan dari salah satu anggota Tim Riset PUI SKO, Muhammad Fikri Fakhresy.

Menurut Fakhrezi, menjelaskan kendaraan listrik kepada anak kelas satu SD adalah pekerjaan yang cukup menantang. "Harus pelan pelan dalam memberi pengarahan pada mereka, sebisa mungkin menggunakan bahasa yang sederhana supaya dapat diterima dengan baik. Tapi secara keseluruhan seru kok," tuturnya.
Mahasiswa Lintas Jalur Departemen Teknik Fisika angkatan 2013 ini mengaku senang dengan sikap antusias dari para peserta. "Sebagai siswa kelas satu SD, menurut saya pengetahuan mereka cukup luas. Beberapa diantara mereka ada yang sudah tahu tentang kendaraan listrik hingga panel surya, meskipun dalam versi yang sederhana," akunya. 
Menurut Fakhrezi, sadar energi sangat penting untuk dijelaskan sejak usia dini. "Bumi kita sudah semakin tua, lapisan ozon sudah semakin tipis. Untuk menuai solusi di masa depan, para generasi penerus perlu dikenalkan tentang energi sedini mungkin," terangnya.
Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pengenalan ITS Eco Campus kepada pihak eksternal. "Kendaraan listrik lebih ramah lingkungan dari pada kendaraan berbahan bakar minyak, hal ini selaras dengan tagline ITS Eco Campus," imbuhnya.
Selain dikenalkan karya karya unggulan PUI SKO, para peserta juga diajak keliling ITS menggunakan Bis Listrik. Salah satu peserta, Ardan, mengaku senang ketika berkeliling dengan Bis Listrik. "Mobil listrik itu baru. Mobil biasa item-itemnya banyak. Kalau gak pakai mobil listrik, nanti mobilnya asap semua," ungkap Ardan polos. (qi/ven)

Berita Terkait