ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
29 Agustus 2017, 15:08

Indonesia Timur Butuh Lulusan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dengan mengangkat topik Peranan Pelindo dalam Membangun Indonesia Timur,   Purchase Marketing Officer Papua  PT Pelindo IV,
M Anton Efendy M didapuk sebagai pembicara.

Effendy sapaan akrabnya mengatakan, sumber daya alam yang ada di Indonesia Timur adalah sumber daya alam yang sangat menjanjikan untuk membangun Indonesia kedepannya. "Masa depan Indonesia seratus tahun ke depannya bisa dikatakan ada di tangan Indonesia Timur, khususnya daerah Papua yang masih belum terjamah," ujarnya memulai presentasi di ruang seminar PT Pelindo IV Makassar.

Namun, lanjut Effendy, masih banyak kendala untuk mengembangkan Indonesia timur karena kurangnya sumber daya manusia dan sulitnya perdagangan menuju Indonesia bagian timur.

"Contohnya, industri barang hampir seluruhnya berada di Jawa dan Sumatera sedangkan di Indonesia bagian timur seperti Sulawesi, Ambon dan Papua masih sangat jarang sehingga kurang menarik perhatian sumber daya manusia untuk bekerja disini," ucap Effendy.

Harapan pemerataan pembangunan dan infrastruktur di wilayah timur saat ini mulai terbuka sejak adanya tol laut. Program tol laut ini diusahakan untuk memperkecil angka disparitas harga di Indonesia.

"Oleh karena itu, saat ini Pelindo IV sedang gencar mengerjakan sembilan Poyek Model Negara dengan membangun sembilan dermaga Cabang Tarakan, Bitung, Kendari, Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, Manokwari, dan di Cabang Merauke," jelas Alumni Universitas Hassanudin tersebut.

Dalam pengerjaan proyek ini tentu sangat membutuhkan bantuan dari semua pihak terutama perguruan tinggi. Selama ini, Pelindo IV sudah  bekerja sama dengan ITS dalam hal sumbangan ilmu terkait kajian kemaritiman.

"Tak cukup hanya disitu, saya berharap kerja sama tetap berlanjut dan Pelindo IV sangat terbuka untuk penelitian dan kajian  dari ITS terkait proyek dan usulan untuk mencegah disparitas di wilayah Indonesia timur," terang Effendy

Effendy berharap, para peserta Pimnas yang notabene sudah terbiasa dalam penelitian  selanjutnya mau memberi sumbangsih ilmu atau penelitian untuk pembangunan merata di Indonesia timur bersama dengan Pelindo IV. Begitu juga dengan lulusan ITS untuk ikut bekerja membangun Indonesia bagian timur.(jel/van)

Berita Terkait