ITS News

Minggu, 01 September 2024
13 November 2017, 08:11

Jawab Tantangan Kemenristekdikti, Mobil Ini Langsung Juara

Oleh : gol | | Source : -

Kampus ITS Surabaya, ITS News – Gelaran KMHE 2017 menemui malam puncaknya. Nama-nama sang juara disebutkan di Gedung Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Setelah puas mendapat empat gelar, Tim ITS Sapuangin lagi-lagi menuju panggung karena mendapat juara satu kategori urban kelas hybrid Sabtu, (11/11). Uniknya, baru pertama kali ini Tim Sapuangin mengembangkan mobil hybrid.

Dua bulan lamanya, dari riset hingga perancangan alat telah dilakukan oleh ITS Tim Sapuangin demi mewujudkan produk barunya yaitu mobil kelas hybrid yang baru pertama kali ini dipersembahkan dalam KMHE 2017.

Bagi Rafi Rasyad, Manajer Sapuangin, mobil hybrid ini merupakan jawaban dari tantangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Hybrid ini istilahnya sebuah tantangan baru dari kemenristekdikti untuk pagelaran KMHE 2017 sekarang,” ungkap Rasyad.

Tidak banyak tim yang mendaftarkan diri ke dalam kelas hybrid, namun Tim Sapuangin berani untuk mendaftarkannya. “Mobil hybrid kami mendapatkan nilai efisiensi bahan bakar sebesar 215 kilometer per liter dengan waktu tempuh tercepat dari mobil kategori urban lainnya,” tutur Rafi bersemangat.

“Pertama kali membuat, pertama kali juga kami langsung mendapat hadiah,” ungkap Rafi sumringah. Walaupun sempat menemui kendala di sistem listrik saat scrutineering di hari pertama, hal itu tak menghalangi Sapuangin terus melaju untuk menjadi juara.

“Kami masih punya banyak pekerjaan rumah untuk kompetisi lainnya seperti Shell Eco-Marathon (SEM) Asia, dan masih banyak lagi. Semoga selanjutnya Sapuangin bisa terus membawa nama baik ITS baik ke kancah nasional maupun internasional,” pungkasnya penuh harap. (id/van)

Berita Terkait