ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
18 November 2017, 09:11

ITS Borong Tiga Penghargaan di PDPU FEST 2017

Oleh : gol | | Source : -

Kampus ITS Surabaya, ITS News-Kembali mahasiswa Insititut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengharumkan nama ITS di dunia kompetisi internasional khususnya bidang teknik perminyakan. Kali ini tiga  mahasiswa dari Departemen Teknik Geofisika berhasil memboyong tiga penghargaan sekaligus dalam event tahunan Society of Petroleum Engineer Pandit Deendayal Petroleum University Festival 2017 ( SPE PDPU FEST 2017) di Gujarat University, India pada Minggu (5/11).

Tim ITS ini digawangi oleh Frankstein Arphan, I Gusti Ayu Tara Nuarisanti, dan Shabila Gadis. Tim ini berhasil memenangkan penghargaan pada kategori , yaitu juara tiga  untuk kategori Paper Competition, dan juga juara tiga untuk Well Log Data Competition. Satu penghargaan lainnya ialah Geology Challenge yang berkolaborasi dengan rekan Society of Petroleum Engineer Institut Teknologi Bandung Student Chapter ( SPE ITB).

Frenkstein, anggota tim bercerita  untuk kategori Well Log Data Competition, Frankstein beserta rekannya diharuskan menginterpretasi data sumur well log untuk menentukan resistivitas (kemampuan untuk menghantarkan arus listrik) dan saturasi (perbandingan fluida) dari pada sumur bor.

”Penghitungan ini bertujuan untuk menentukan daerah mana yang memiliki potensi penghasil hidrokarbon “ujar  Frank, panggilan akrab untuk Frankstein.

Sementara itu , untuk kategori Paper Competition, Frank dan tim mengangkat penelitian  tentang teknik peningkatan produksi minyak bumi dan gas dengan cara tidak biasa (unconvensional) .Dan untuk Geology Challenge, tim kolaborasi antara ITS dan ITB unjuk ilmu pengetahuan mengenai deskripsi batuan serta peta kontur.

Meski sempat pesimis  karena jumlah perserta lomba hingga 60 tim dan ketiga mahasiswa tersebut tidak memiliki latar belakang perminyakan, namun hal tersebut berhasil ditepis Frank dan rekannya. Lewat lomba ini, Frank berharap kedepannya ITS bisa berkolaborasi dengan universitas lainnya  untuk mengembangkan kemampuan dibidang perminyakan.

“Meskipun ITS tidak ada jurusan perminyakan namun sepertinya ITS harus banyak berkolaborasi karena ilmunya banyak mirip dengan geologi,” terangnya.

Diakhir, Frank berharap pencapaian ini bisa mendorong mahasiswa ITS lainnya untuk bisa mengharumkan nama ITS di dunia internasional. (AP17/jel)

 

Tim ITS medapat tiga penghargaan sekaligus pada ajang PDPU FEST 2017 di India

Berita Terkait