ITS News

Senin, 07 Oktober 2024
26 November 2017, 03:11

Media Sosial sebagai Sarana Berdakwah

Oleh : gol | | Source : -

Kampus ITS,ITS Online – Media merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan informasi ke masyarakat.Seiring dengan berkembangnya teknologi, penyebaran informasi pun menjadi lebih cepat dan mudah diakses, termasuk berita tentang dakwah.Kali ini ,Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) mengadakan kegiatan Media Course 0.1 pada Sabtu (25/11) yang membahas tema Membuka Mata Media Islam.

Seminar yang dihelat di Departemen Desain Produk ITS tersebut, diisi oleh Ardhy Surya Nugraha, CEO Dugem Centre Dakwah untuk Generasi Muda. Ardhy mengatakan bahwa,saat ini, derasnya arus perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dengan baik untuk menularkan informasi kepada masyarakat, khususnya dakwah ke sesama umat muslim.

Dakwah sendiri merujuk pada ajakan yang dilakukan seseorang agar orang lain mengikuti keinginan si pendakwah. Ajakan bisa disampaikan melalui ceramah atau nasihat secara individu agar seseorang bersedia untuk melakukan apa yang dikehendaki si pendakwah. Menurut Ardhy, pada zaman sekarang penggunaan sosial media seperti instagram,twitter,line dan sebagainya dapat digunakan sebagai media alternatif untuk berdakwah.

“Generasi muda saat ini cenderung mengandalkan informasi yang berasal dari gadget mereka,ditambah lagi hampir setiap saat mereka tidak bisa lepas dari gadget masing-masing “ ungkap alumnus SMAN 1 Mataram tersebut.

Ardhy mengambil contoh, seperti maraknya penggunaan meme yang dihubungkan terhadap kasus atau peristiwa tertentu. Menurutnya, penggunaan meme ini juga bisa ditujukan untuk berdakwah, dengan memerhatikan konten gambar dan pesan agar lebih mengena ke masyarakat.Selain meme, vlog (video blog ) juga bisa dijadikan sarana berdakwah dengan cara dikemas lebih menarik.

Seminar ini diakhiri dengan diadakannya tiga workshop seputar media kreatif,antara lain jurnalistik,videografis,serta desain grafis. ”Dengan diadakannya Media Course 0.1 ini semoga kita semua bisa berdakwah kepada sesama dan lebih bijak dalam penggunaan media sosial “ ungkapnya puas.(AP17/jel)

Berita Terkait