ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
26 November 2017, 12:11

Menyentuh Masyarakat dengan Teknologi Optik dan Fotonik

Oleh : gol | | Source : -

Anak-anak antusias dengan penjelasan mahasiswa ITS.

Surabaya, ITS News – Menyentuh Kampus Teknologi (MKT) kembali dihelat, tepatnya di Kelurahan Keputih Tegal Baru RW 8, Surabaya. Pada kesempatan ini mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mencoba mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar melalui teknologi sederhana. Masyarakat perkampungan tersebut, terlebih anak-anaknya, menyambut wahana teknologi ini dengan animo yang luar biasa, Sabtu (25/11).

Dari beberapa sajian teknologi yang ditampilkan, salah satu yang banyak dikerumuni oleh anak-anak adalah teknologi optik dan fotonik. Pengenalan teknologi yang dilakukan oleh Departemen Teknik Fisika ITS tersebut menghadirkan berbagai macam alat peraga sederhana. Salah satu contohnya adalah hologram laser. Konsepnya adalah obyek 3D yang dibuat dari gambar dengan pancaran sinar laser.

Tidak hanya hologram, Fadhel Islamy Husada, mahasiswa Departemen Teknik Fisika ITS menjelaskan ada alat peraga lainnya yang tim bawa. Mulai dari kacamata yang dapat menguraikan cahaya menjadi berbagai warna serta berbagai jenis lampu yang ada di sekitar kita. Untuk alat apa yang paling banyak dilirik oleh anak-anak, Fadhel mengungkapkan bahwa mereka banyak tertarik pada hologram dan kaca matanya.

Besarnya antusias peserta memberikan kepuasan tersendiri bagi Fadhel. Walaupun hanya dengan alat sederhana, mahasiswa bisa lebih dekat dengan masyarakat sekaligus berbagi pengetahuan tentang teknologi. “Semoga anak-anak senantiasa tertarik dengan sains dan teknologi, khususnya teknologi optik dan fotonik,” harap Fadhel.

Meski hanya digelar dengan kesederhanaan, MKT telah memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Meskipun diakui Dias Perdana, ketua panitia, acara MKT hanyalah pengenalan teknologi sederhana, namun esensinya adalah keinginan mahasiswa ITS untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat. “Karena bagaimana pun kami mahasiswa yang notabene pendatang, sudah seharusnya  melakukan interaksi dan memberikan apresiasi kepada masyarakat,” ucap Dias saat memberikan sambutan.

Sementara menurut ketua RW setempat, Nasih, kegiatan MKT ini telah menyentuh masyarakat sesuai dengan tujuan yang ada pada namanya. “Pastinya kami harapkan kerja sama seperti ini akan tetap ada dan bisa dikembangkan lagi. Mungkin yang sekarang ini sudah begitu menyentuh, ke depannya mungkin bisa lebih menyentuh lagi.” harapnya. (AP07/mis)

Berita Terkait