ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
28 November 2017, 02:11

ITS Galakkan Semangat Internasionalisasi

Oleh : gol | | Source : -

 

Pemaparan materi dari salah satu anggota EPI-UNET dalam ajang diskusi

Hotel Bumi Surabaya, ITS News-Dalam rangka mewujudkan kerjasama internasional, ITS adakan pertemuan ACNET EngTech (Asean-China Network In Engineering and Technology) dengan EPI-UNET (Eastern Part of Indonesia University Network), Selasa (28/11). Bertempat di Hotel Bumi Surabaya, ITS galakkan semangat internasionalisasi.

Kerjasama internasional menjadi semakin penting dalam era globalisasi. Untuk mencapai hal tersebut , perlu adanya upaya terus-menerus untuk menjalin kerjasama baru dan memperkuat jaringan kerjasama antara universitas dalam negeri dengan universitas luar negeri.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan ITS untuk mewujudkan kerjasama antara universitas dalam negeri dan universitas luar negeri yaitu melalui kolaborasi ACNET-EngTech dan EPI UNET.

EPI UNET (Eastern Part of Indonesia University Network) merupakan konsorsium kerjasama antara ITS dengan 35 perguruan tinggi di Indonesia bagian timur. Pada kegiatan ini, para rektor perguruan tinggi Indonesia bagian timur melaksanakan pertemuan bersama dengan rektor perguruan tinggi China dan ASEAN (ACNET-EngTech). Sementara ACNET-EngTech (Asean-China Network In Engineering and Technology) merupakan bentuk kerjasama antara 17 perguruan tinggi di China dan ASEAN.

Tujuan pertemuan ACNET EngTech dan EPI-UNET adalah menjadi media penyampaian kemajuan kerjasama yang telah terjalin sejauh ini, menjembatani pengembangan kerja sama antara universitas di kawasan timur Indonesia, ASEAN, dan China, mengatur kerja agenda tahun 2018, dan merancang mekanisme kerjasama dan komunikasi  yang efektif dalam pencapaian tujuan konsorsium.

“Pertemuan gabungan saat ini antara ACNET-EngTech dan EPI UNET mengadopsi tema tepat waktu, memperkuat jaringan untuk riset, inovasi dan mobilitas internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi sebagai pilar untuk pembangunan berkelanjutan”, ujar Prof Ir Joni Hermana MScES PhD selaku Rektor ITS Surabaya.

Dalam kegiatan ini, ITS berperan untuk berkontribusi bagi penguatan pendidikan tinggi khususnya di Indonesia Bagian Timur dan memperkuat jejaring internasional masing-masing perguruan tinggi.

Beberapa kegiatan utama yang diharapkan akan disepakati melalui kegiatan ini adalah mobilitas mahasiswa, mobilitas staff akademik-non akademik, riset dan inovasi bersama program akademik, seminar bersama, lokakarya, dan lain-lain. (AP10/jel)

Berita Terkait