ITS News

Minggu, 01 September 2024
06 Desember 2017, 14:12

Berobat Sekaligus Mengenang Maulid Nabi

Oleh : gol | | Source : -

proses pengobatan islami bekam sumber: cibaduyut.com

Kampus ITS Surabaya, ITS News– Momen kelahiran merupakan hal yang ditunggu-tunggu, apalagi jika yang dimaksud adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperingati hari kelahirannya, mulai dari ceramah hingga mengaji. Namun, ada yang berbeda dalam peringatan hari lahir Rasulullah yang dilaksanakan oleh Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) tahun ini. Tak hanya ceramah dan mengaji, JMMI juga menyediakan berbagai kegiatan medis Cuma-cuma ala Rasulullah, Sabtu(2/12).

Untuk memperingati Maulid Nabi 1439 H, diadakan kegiatan gurah, ruqiyah dan bekam yang dilakukan secara gratis dan dibuka untuk umum. Sasaran dari kegiatan pengobatan ini adalah mahasiswa dan warga ITS sekaligus masyarakat sekitar kampus ITS. selain sebagai momen peringatan hari lahir nabi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat sekitar ITS terutama dalam hal pengobatan Islami.

“ Tadi ada ibu-ibu yang kena sinusitis dan harus dioperasi, namun setelah melakukan gurah  selama dua kali, Alhamdulillah sudah sembuh dan tidak perlu operasi,” jelas Syamsul Arifin,  panitia kegiatan.

Gurah dilakukan dengan cara meneteskan cairan di hidung guna mengeluarkan lendir dari dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi sinusitis. Disisi lain Ruqyah dipercaya dapat membantu  menghilangkan hal-hal negatif dari tubuh melalui ayat Al-Qur’an. Sedangkan Bekam  merupakan pengobatan yang biasa dilakukan dengan cara mengambil darah pada bagian tubuh yang sakit. sehingga mampu mengeluarkan darah yang mengandung toksin di dalam tubuh.

Dalam kegiatan berbalut Menghidupkan Kembali Sunnah Rasulullah SAW, Melalui kegiatan ini, panitia ingin menyampaikan bahwa pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah juga sama efektifnya dengan pengobatan oleh dokter. “Buktinya sekarang pengobatan islami mulai dikembangkan lagi untuk mengurangi penggunaan bahan kimia,” pungkas Samsul. (AP14/15/gol)

Berita Terkait