ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
08 Desember 2017, 17:12

Pembangunan Berkelanjutan Jadi Ruh SENTA 2017

Oleh : gol | | Source : -

Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS kembali mengadakan seminar internasional, SENTA 2017. Dengan tema Marine Technology for Sustainable Development, konferensi ini berhasil menggaet 100 paper untuk dipresentasi dan dipublikasikan, Rabu (6/12).

Dr Eng Muhammad Badrus Zaman ST MT, tuan rumah kegiatan menjelaskan, tema tersebut diangkat sesuai dengan isu kemajuan teknologi maritim di segala bidang. Mulai dari, sistem perkapalan, keamanan, teknik perkapalan, transportasi laut, wisata maritim dan aspek yang berhubungan dengan teknologi maritim.

Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini mengatakan, momentum acara ini membawa semangat maritim karena berdekatan dengan hari deklarasi juanda yang jatuh pada tanggal lima desember. “Ini juga momentum untuk memperkuat serta mengembangkan teknologi maritim dunia yang dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan sebuah negara,” tegas Badrus.

Program yang rutin dilaksanakan setahun sekali ini, ujarnya, bertujuan untuk memperbarui perkembangan teknologi maritim di segala bidang. Serta, dapat mengeksplorasi ide segar tentang dunia maritim. Peserta konferensi ini diikuti oleh beberapa negara seperti Jepang, Malaysia dan Singapur. Dari Indonesia sendiri dihadiri akademisi perguruan tinggi, praktisi industri dan alumni ITS.

Senada dengan Badrus, Prof Ir Daniel Mohammad Rosyid PhD, Dekan FTK menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah hadir pada konferensi kali ini. Menurutnya, teknologi kelautan untuk pembangunan berkelanjutan adalah hal yang penting di mana tren yang sekarang sedang bergerak ke arah Asia. “Seperti contoh, Asia diwakili Indonesia dan Tiongkok,” terang Daniel. (*/van)

Berita Terkait