ITS News

Minggu, 01 September 2024
15 Desember 2017, 12:12

ITS Sukses Pertahankan Gelar Kampus Hijau

Oleh : gol | | Source : -

Bersaing dengan 618 perguruan tinggi di dunia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil bercokol di peringkat 57 dalam UI Green Metric World University Ranking 2017. Pemeringkatan yang sudah berjalan delapan tahun ini dirilis Senin (11/12). Peringkat ini dirilis langsung oleh Ketua UI Green Metric Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM, di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Di Indonesia, ITS menduduki peringkat ketiga setelah Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor, seperti pada 2016. Sekretaris ITS, Dr Dra Agnes Tuti Rumiati M Sc mengungkapkan, capaian ini tak lepas dari pengembangan ITS dalam bidang pengelolaan berbasis lingkungan. Salah satunya yaitu program ITS Smart Eco Campus yang telah akrab di kalangan civitas akademika.

Program ini merupakan inisiatif ITS dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan di lingkungan kampus. Tentunya dengan memanfaatkan pengembangan ilmu pengetahuan terapan yang menjadi roda penggerak kampus teknologi ini. “ITS percaya bahwa perkembangan teknologi dapat berjalan selaras dengan alam,” ungkap Agnes.

Lebih lanjut Agnes menuturkan bahwa program yang diusung sejak 2011 ini merupakan komitmen ITS untuk berperan aktif dalam penerapan gaya hidup berwawasan lingkungan. ITS Smart Eco Campus memanfaatkan setiap elemen kampus untuk gotong royong menciptakan pembangunan yang ramah lingkungan.

“Tahun ini, ITS diantaranya menelurkan inovasi berupa bus kampus gratis, bus listrik, produksi massal motor listrik gesits, mobil hemat energi sapuangin XI evo, pembukaan ruang terbuka hijau, dan banyak inovasi lain,” lanjut Dosen Departemen Statistika ITS ini. Dengan modal inovasi tersebut, ITS bahkan berhasil mengungguli jawara Universitas Indonesia dalam aspek energi dan perubahan iklim dengan raihan sebesar 1326 poin.

Lima aspek lain yang menjadi parameter dalam pemeringkatan UI Green Metic University 2017 ini yaitu kualitas infrastruktur kampus (15%), pengelolaan sampah (18%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%). Total keseluruhan poin yang diraih ITS yaitu 6059 poin. Terpaut hanya tujuh poin dengan Institut Pertanian Bogor yang berhasil bercokol di posisi kedua se-Indonesia.

Lebih lanjut pemeringkatan ini juga menobatkan Universitas Negeri Malang dan Universitas Sebelas Maret sebagai kampus terhijau keempat dan kelima di Indonesia, seperti yang dilansir dalam http://greenmetric.ui.ac.id/overall-ranking-2017. (saa/dza)

Berita Terkait