ITS News

Minggu, 01 September 2024
26 Desember 2017, 15:12

Jaring Aspirasi Tendik ITS Lewat Kompetisi

Oleh : gol | | Source : -

peserta tengah mempresentasikan inovasinya dalm ITSprovement 2017

Kampus ITS, ITS News- Seluruh warga ITS memiliki peran penting dalam proses memajukan Institusi, begitu pula dengan tenaga pendidik. Hal ini diyakini oleh Direktur Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS, Dr Sri Gunani Pratiwi. Berdasar pada hal tersebut, SDMO ITS pun menyajikan ITSProvement, kompetisi yang mengadu tenaga pendidik seluruh ITS untuk menunjang kreativitas.

Dengan tema Kontribusi Nyata Untuk ITS, rangkaian acara ITSProvement menyediakan kompetisi dimana tendik berkolaborasi satu sama lain untuk menyediakan program dan inovasi terbaik untuk ITS. Digelar mulai bulan September 2017, kompetisi dimulai dengan pemilihan tim hingga puncak acara berupa penentuan pemenang pada 19 Desember 2017.

Kolaborasi tim antara berbagai unit dan departemen di ITS menjadi salah satu bagian penting dari acara tersebut. Hal ini untuk memupuk semangat kerjasama dalam inovasi tim agar ide yang diberikan bisa beragam, tidak hanya dari satu pemikiran yang sama. “Juga agar mereka tidak hanya berkutat pada rutinitas keseharian saja,” ungkapnya.

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana M Sc ES Ph D juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengungkapkan saat ini bukan jamannya bawahan bekerja menunggu perintah atasan. Mereka harus mampu menghadirkan pemikian baru yang mampu membawa perubahan bagi Organisasi atau Institusi tempat mereka berada.

Joni, sapaan akrabnya menjelaskan ide yang berasal dari para karyawan adalah bentuk solusi permasalahan dasar yang mereka rasakan. Hal ini akan menjadi positif karena solusi akan mampu menyelesaikan masalah mendasar dibandingkan jika atasan yang membuat aturan. “Dengan kegiatan seperti ini, para tendik dapat merasakan bahwa kemajuan ITS menjadi bagian dari  hasil kerja mereka,” jelasnya.

Dengan melibatkan karyawan dalam berinovasi, diharapkan ide-ide yang mereka berikan mampu membawa ITS menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tentu saja jika hal itu dibuktikan dengan implementasi ide tersebut di dalam sistem di ITS.

Ia juga mengungkapkan ITSprovement menjadi kegaiatan pertama yang nantinya dapat diikuti perguruan tinggi seluruh Insonesia untuk menyalurkan inovasi tenaga pendidik. Pasalnya kegiatan semacam ini, sebelumnya hanya dilaksanakan pada perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.“Kita ingin mempercepat kemandirian ITS sebagai PTN-BH dengan memiliki kualitas tendik yang kreatif dan mampu berkontribusi bagi ITS” pungkasnya. (hen/gol)

Berita Terkait